Keluarga Ujung Tombak Program Kabupaten Layak Anak

nurul roudhoh   |   Serang Raya  |   Jumat, 02 November 2018 - 12:23:08 WIB   |  dibaca: 208 kali
Keluarga Ujung Tombak Program Kabupaten Layak Anak

DEKLARASI : Kepala DKBP3A Kabupaten Serang Oyon Suryono (kiri) memimpin deklarasi dan sosialisasi Kelana dan Dekela, di Kecamatan Kibin, Kamis (1/11).

SERANG – Komitmen Pemkab Serang untuk mewujudkan Kabupaten Layak Anak (KLA) terus diupayakan. Untuk mensukseskan program tersebut semua pihak dituntut untuk berperan aktif.Pemkab Serang melalui Dinas Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKBP3A) tengah gencar melaksanakan deklarasi dan sosialisasi Kecamatan Layak Anak (Kelana) dan Desa Layak Anak (Dekela). Deklarasi digelar di lima kecamatan yaitu Kecamatan Kramatwatu, Waringinkurung, Pabuaran, Kragilan, dan Kecamatan Kibin.


Dengan telah dilaksanakannya deklarasi dan sosialisasi tersebut, semua pihak yang ada di kecamatan dan desa termasuk organisasi sosial dan kemasyarakatan dituntut untuk terlibat langsung dan berperan aktif sesuai dengan tugas pokok dan fungsi (tupoksi)-nya masing-masing, baik itu yang berkaitan dengan pendidikan, kesehatan, lingkungan, dan yang lainnya.

“Lima kecamatan yang sudah kita deklarasikan itu masuk dalam RPJMD (rencana pembangunan jangka menengah daerah),” kata Oyon Suryono, Kepala DKBP3A Kabupaten Serang, Kamis (1/11).


Terdapat lima klaster yang harus dipenuhi oleh Kelana dan Dekela agar KLA bisa terwujud. Lima klaster tersebut yaitu hak sipil dan kebebasan, lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif, kesehatan dasar dan kesejahteraan, pendidikan, pemanfaatan waktu luang dan kegiatan budaya serta perlindungan khusus bagi anak. “Lima klaster itu bisa terwujud kalau semua pihak bergerak,” ujarnya.


Sementara itu, Camat Kibin Imron Ruhyadi mengatakan, pihaknya siap mensukseskan program Kelana dan Dekela dengan melibatkan semua potensi yang ada di wilayahnya. “Setelah deklarasi dan sosialisasi ini, selanjutnya kami akan menyiapkan programnya yang kita sinkronkan dengan program yang ada di kabupaten. Prinsipnya kami siap melaksanakan mensukseskan program ini,” katanya.


Imron memastikan, semua pihak telah mengetahui jika Kecamatan Kibin masuk dalam program Kelana dan Dekela, dari mulai kepala desa, puskesmas dan juga muspika setempat. “Kita akan dorong agar masyarakat bahu membahu menjadikan Kecamatan Kibin layak anak. Yang paling penting program ini harus dimulai dari keluarga sebagai ujung tombak,” tuturnya. (TANJUNG)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook