Harga Beras Kembali Stabil

nurul roudhoh   |   Lebak  |   Senin, 05 November 2018 - 11:24:25 WIB   |  dibaca: 40 kali
Harga Beras Kembali Stabil

STABIL: Pedagang beras di Pasar Rangasbitung menunggu pembeli, kemarin.

RANGKASBITUNG- Setelah sempat mengalami kenaikan harga yang memberatkan konsumen, kini harga beberapa jenis beras di Lebak kembali stabil. Berdasarkan pantauan Banten Raya di Pasar Rangkasbitung, Minggu (4/11), harga beras IR kw 1 yang sempat melonjak hingga Rp 15.000 kini hanya kisaran Rp 9.886 per kilogram (kg). Beras IR kw 2 yang sempat mencapai Rp 14.500 kini Rp 9.293 per kilogram, serta beras IR kw 3 yang sebelumnya Rp 14.000 kini hanya Rp 8.729 per kilogram.


Junarsih, konsumen yang ditemui di Rangkasbitung mengaku bahwa harga beras sejak beberapa bulan terakhir ini tidak membebaninya karena harganya kembali turun dan kembali stabil.
“Beberapa bulan lalu saat harganya tinggi, kami merasa terbebani. Sekarang setelah turun harganya, kami pun merasa senang, karena sebagai rakyat kecil saya berharap semua harga kebutuhan termasuk beras harus tetap terjangkau,” ujar Junarsih.


Nengsih, warga Rangkasbitung yang ditemui di Pasar Rangkasbitung menambahkan, bila harga beras maupun harga kebutuhan lainnya naik, maka daya beli masyarakat akan rendah. Tetapi apabila harga beras dan kebutuhan lainnya mengalami penurunan dan stabil, maka daya beli masyarakat seperti dirinya pun cukup tinggi. “Kami berharap harga beras yang saat ini stabil bisa bertahan selamanya, agar kami tidak merasa terbebani lagi,” ungkapnya.


Rahmat, pedagang beras di Pasar Rangkasbitung membenarkan bila harga beras yang dijual di kiosnya masih stabil. Hal itu terjadikarena pasokan beras dari agen sangat banyak, sehingga stok beras di kiosnya dan kios-kios beras lainnya di pasar tersebut masih cukup banyak.“Sebagai pedagang, kami akan mengikuti harga dari agen. Bila harganya naik, kami pun ikut naik. Tetapi kalau harga di agennya turun, maka saya pun akan menurunkan harganya,” kata Rahmat.


Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Lebak Dedi Rahmat membenarkan bahwa daya beli masyarakat terhadap beras di Pasar Rangkasbitung beberapa bulan terakhir ini sangat tinggi.“Dari hasil pemantauan kami di Pasar Rangkasbitung, tingginya daya beli masyarakat terhadap beras, karena memang harganya satbil serta tidak memberatkan masyarakat,” terang Dedi. (hudaya)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook