Dindik Ajukan Kenaikan Gaji Guru PAUD

nurul roudhoh   |   Metro Cilegon  |   Selasa, 06 November 2018 - 11:37:04 WIB   |  dibaca: 744 kali
Dindik Ajukan Kenaikan Gaji Guru PAUD

TINGKATKAN KESEJAHTERAAN: Pelantikan Pengurus Cabang Himpaudi Kecamatan se-Kota Cilegon di Aula Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Cilegon, Senin (5/11).

CILEGON - Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Cilegon mengaku telah mengajukan kenaikan gaji guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kota Cilegon pada APBD 2019. Saat ini, pengajuan itu masih pembahasan, sehingga belum ditentukan nilainya.


Demikian disampaikan Kepala Dindik Kota Cilegon, Muhtar Gojali usai Pelantikan Pimpinan Cabang Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (Himpaudi) Kecamatan se-Kota Cilegon, di Aula DPRD Kota Cilegon, Senin (5/11).

Kata Muhtar, pihaknya berkomitmen akan meningkatkan kesejahteraan guru PAUD, menginat saat ini guru PAUD di Kota Cilegon hanya diberi honor Rp 300 ribu per bulan. “Kami sudah ajukan anggaran peningkatan kesejahteraan guru PAUD di APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) 2019, cuma saat ini masih pembahasan jadi belum ditentukan nilainya,” kata Muhtar dalam acara yang dirangkaikan dengan pengukuhan Tenaga Suka Rela Himpaudi PMI Kota Cilegon itu.

Muhtar mengakui, jika honor yang diberikan kepada guru PAUD senilai Rp 300 ribu per bulan dinilai masih kurang dari kata layak, sehingga peningkatan kesejahteraan guru PAUD menjadi salah satu program dirinya di akhir masa jabatannya. “Semoga DPRD Cilegon menyetujui usulan anggaran kesejahteraan itu,” ujarnya.

Saat ini, lanjut Muhtar, jumlah PAUD di Kota Cilegon ada 152 sekolah. Peran guru PAUD sangat penting dalam menanamkan karakter anak di usia 0 sampai 6 tahun. Saat ini, masih ada sekitar 40 persen anak di Cilegon usia 0-6 tahun yang belum masuk ke PAUD. “Ini peran guru PAUD dan penilik sekolah untuk mendorong anak 0-6 tahun masuk ke PAUD,” tegasnya.


Hadir dalam acara Ketua DPRD Kota Cilegon, Fakih Usman Umar, Kepala Bappeda Kota Cilegon sekaligus Ketua Pembina Himpaudi Kota Cilegon, Ratu Ati Marliati, Mantan Sekda Kota Cilegon Abdul Hakim Lubis, dan Ketua Himpaudi Kota Cilegon, Eti Kurniawati.

Sementara itu, Ketua Himpaudi Kota Cilegon, Eti Kurniawati mengatakan, pihaknya mengapresiasi Pemkot Cilegon yang akan meningkatkan kesejahteraan guru PAUD. Setelah kesejahteraan ditingkatkan, ia juga akan meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) para guru PAUD di Kota Cilegon. “Beberapa guru PAUD juga akan menjalani diklat untuk mendapat sertifikat diklat guru PAUD, ini bagian komitmen kami meningkatkan kualitas guru PAUD,” jelasnya.

Eti menjelaskan, saat ini jumlah guru PAUD di Kota Cilegon mencapai 860 orang. Guru yang lulusan strata satu (S1) PAUD hanya 550 orang. “Sisanya lulusan SMA sederajat, tapi ada juga yang sedang menyelesaikan S1,” jelasnya.

Dalam kepemimpinannya di periode kedua ini, Eti juga menggandeng industri untuk mengembangkan PAUD. Saat ini, sudah ada PT Chandra Asri Petrochemical yang bersedia membantu pembangunan gedung maupun fasilitas bermain di PAUD. “Kami harap CSR (Corporate Social Responsibility) industri juga bisa disalurkan untuk pendidikan khususnya PAUD,” tutupnya. (gillang)

 

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook