162 RTS Terima Bantuan JSCM

nurul roudhoh   |   Metro Cilegon  |   Selasa, 06 November 2018 - 11:41:17 WIB   |  dibaca: 660 kali
162 RTS Terima Bantuan JSCM

TERIMA BANTUAN : Sejumlah RTS di Kecamatan Purwakarta mengambil dana JSCM di Aula Kecamatan, Senin (5/11).

CILEGON – Pemkot Cilegon melalui Dinas Sosial (Dinsos) menyerahkan bantuan Jaminan Sosial Cilegon Mandiri (JSCM) kepada 162 Rumah Tangga Sasaran (RTS) di Kecamatan Purwakarta, di Aula Kecamatan Purwakarta, Senin (5/11). Bantuan sebesar Rp1 juta itu diberikan kepada warga tidak mampu satu tahun sekali.

Camat Purwakarta, Balukia Ikbal berharap, bantuan yang diberikan satu tahun sekali tersebut terus digulirkan kepada RTS, sehingga dengan pemberian tersebut warga akan sangat terbantu secara ekonomi.

Balukia menyatakan, JSCM merupakan bagian dari langkah nyata pemkot dalam kebijakan yang membantu warga miskin. Atas dasar itu, pragram JSCM harus diteruskan, bahkan, bisa diperluas dan lebih banyak lagi warga yang bisa mendapatkannya. “Kami sangat mendukung program JSCM ini, kami harap ke depannya akan semakin ditingkatkan oleh pemerintah melalui Dinsos (Dinas Sosial) Kota Cilegon. Semakin banyak warga tidak mampu diberikan bantuan, maka mereka akan sangat terbantu,” katanya kepada Banten Raya.

Selain meminta agar perogram bisa diteruskan, Balukia juga berharap, warga yang belum bisa mendapatkan bantuan JSCM karena tidak masuk dalam Basis Data Terpadu (BDT) Kementerian Sosial (kemensos), bisa diberikan bantuan lainnya yang tidak melanggar aturan.

“Dana ini dari APBD, namun memang secara standar kategori RTS harus masuk dalam BDT. Kami harap ada aturan lainnya yang bisa membantu warga yang sebenarnya tidak mampu untuk bisa mendapatkan bantuan yang serupa,” ungkapnya.


Balukia menambahkan, bantuan itu juga diharapkan bisa lebih ditingkatkan oleh pemerintah, sehingga warga bukan saja terbantu, namun juga bisa untuk melakukan pengembangan usaha secara mandiri. “Rp1 juta yang diterima semoga saja bisa semakin meningkat, sehingga warga miskin bisa menyisihkan untuk membuat usaha kecil-kecilan,” imbuhnya.


Sementara itu, Kabid Perlindungan Jaminan Sosial pada Dinsos Kota Cilegon, Luky Permadi menerangkan, di Wilayah Kecamatan Purwakarta ada 162 RTS dari 1.709 RTS di Kota Cilegon yang mendapatkan bantuan JSCM.

Tujuan JSCM tersebut bukan hanya membantu warga secara perekonomian saja, namun diharapkan kebutuhan dasar pangan, pendidikan, kesehatan dan gizi RTS bisa terbantu.“Intinya sebagai pemerintah kami memiliki tanggungjawab untuk terus meningkatkan kualitas hidup warga, khususnya RTS, sehingga mereka bisa hidup dan mendapatkan fasilitas yang layak,” terangnya.


Luki menambahkan, untuk data RTS yang mendapatkan bantuan JSCM, pemerintah mengacu kepada BDT dari kementerian, selanjutnya dilakukan validasi, sehingga warga RTS yang dianggap sudah mampu maka tidak akan diberikan kembali.

“Angkanya pada 2019 akan naik menjadi 1.800 RTS, hal ini karena pada tahun ini (2018) ada 3 kelurahan di Kecamatan Ciwandan yang tidak mendapatkan bantuan karena sebelumnya pada 2017 telat memberikan laporan,” imbuhnya. (uri)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook