Pemkot Genjot Jumlah Aseptor KB

nurul roudhoh   |   Metro Serang  |   Rabu, 07 November 2018 - 13:12:19 WIB   |  dibaca: 35 kali
Pemkot Genjot Jumlah Aseptor KB

SOSIALISASI KB : Sekda Kota Serang Tb Urip Henus sambutan pada acara rakor pengelolaan program keluarga berencana, di Hotel Le Dian Kota Serang, Selasa (6/1).

SERANG- Pemkot Serang melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) terus berupaya meningkatkan jumlah kepesertaan atau aseptor program keluarga berencana (KB) yang saat ini masih rendah. Sekretaris Daerah Kota Serang Tb Urip Henus mengatakan, hal itu terjadi karena kurangnya penyuluhan program KB di masyarakat.


Menurut Urip Henus, jumlah penduduk di Kota Serang berdasarkan proyeksi penduduk tahun 2016 sebanyak 655.004 jiwa. Terdiri dari 335.803 jiwa penduduk laki-laki, dan 319.201 jiwa penduduk perempuan. Dibadingkan dengan data proyeksi pada tahun 2015, angka tersebut mengalami kenaikan.


“Untuk mengatasi masalah kependudukan yang semakin kompleks ini, harus ditangani secara optimal dan mengarah pada perencanaan pembangunan yang berwawasan kependudukan, yaitu dengan ditentukan kuantitas sumber daya manusia (SDM) bukan soal sumber daya alam (SDA) yang melimpah,” katanya saat menghadiri rakor pengelolaan program KB di Hotel Le Dian Kota Serang, Selasa (6/11).


Untuk itu Urip mengajak kepada masyarakat Kota Serang untuk melakukan usaha hidup yang teratur dan terprogram. "Semoga dengan rapat koordinasi ini bisa mengingatkan kembali pentingnya program KB. Karena hidup itu harus terperogram, diusahakan anak jangan lebih dari dua, sehingga dimungkinkan kesejahtraan rakyat semakin tercapai,” ujarnya.


Ia mengakui bahwa penduduk di Kota Serang masih rendah kesadarannya dalam melaksanakan program KB. “Dalam melaksanakan program KB belum secara utuh, dikarenakan masyarakat Kota Serang ini fluktuatif. Ada yang hilir datang dan pergi. Maklum karena ibukota provinsi, jadi indeksnya belum terbaca secara utuh, dikarenakan setiap bulannya angkanya akan berubah,” kata Urip.


Di tempat yang sama, Plt Kepala DP3AKB Kota Serang Kosasih mengatakan, kampung KB tercantum dalam nawacita ketiga yaitu membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan.


“Sehingga, terselenggaranaya kampung KB bukan hanya melibatkan DP3AKB saja, namun juga diperlukan keterlibatan semua instansi dan dinas terkait untuk sama-sama meningkatkan kualitas hidup masyarakat, khususnya masyarakat yang berada di pinggiran, perbatasan, terpencil dan wilayah nelayan,” paparnya.


Diketahui, kampung KB yang sudah dibentuk di Kota Serang ada tujuh, yaitu di Kampung Kaliwadas Lopang, Kampung Jagarayu Cipocok Jaya, Kampung Kenari Kasunyatan, Kampung Kalanganyar Taktakan, Kampung Cikentang Sayar Taktakan, Kampung Nyapah Masjid Walantaka dan Kampung Cibeo Pancalaksana Curug. (basyar)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook