Fungsional Adalah Jabatan Bergengsi

nurul roudhoh   |   Metro Serang  |   Jumat, 09 November 2018 - 14:31:01 WIB   |  dibaca: 50 kali
Fungsional Adalah Jabatan Bergengsi

PENGAMBILAN SUMPAH: Pj Sekda Banten Ino S Rawita membacakan naskah pengabilan sumpah dan diikuti oleh 40 pejabat fungsional yang dilantik di Plaza Aspirasi, KP3B, Kecamatan Curug, Kota Serang, Kamis (8/11).

SERANG- Jabatan fungsional di pemerintahan dinilai sebagai posisi yang tak kalah bergengsi dari jabatan struktural. Sebab, pemilik jabatan fungsional adalah mereka yang dihasilkan melalui seleksi ketat dan sudah tak diragukan lagi profesionalismenya.

Demikian disampaikan Penjabat (Pj) Sekda Banten Ino S Rawita usai melantik 40 jabatan fungsional di lingkungan Pemprov Banten, di Plaza Aspirasi, KP3B, Kecamatan Curug, Kota Serang, Kamis (8/11).“Pejabat fungsional mempercepat proses penanganan masalah teknis di lapangan. Jadi ada dokter, guru, fungsional di pertanian dan rumah sakit,” ujarnya.


Sekda menuturkan, mereka yang dilantik harus percaya diri dalam menjalankan tugasnya karena saat ini fungsional adalah jabatan yang sangat dibutuhkan. Mereka yang menduduki jabatan itu tidak bisa orang sembarangan.“Sekarang makin banyak jabatan fungsional (pemerintah). Makannya pejabat fungsional diseleksi betul-betul, tidak asal seleksi. Jadi ada tatanan pelaksanaan pelaksanaan seleksinya, ketat juga,” katanya.


Pelantikan pejabat fungsional juga, kata dia, dalam rangka meningkatkan mutu, keterampilan, keahlian dan profesionalisme. “Jabatan fungsional merupakan jalur pengembangan karir ASN atas dasar sistem karir dan prestasi kerja. Sehingga dapat dikembangkan bakat minat dan kemampuan yang ada pada diri ASN secara wajar,” ungkap mantan Pjs Bupati Lebak ini.


Ino berharap, para pemangku jabatan fungsional bekerja dengan profesional, kompeten, kompetitif, loyal, berdedikasi, berintegrasi dan berkinerja produktif.“Pejabat fungsional harus mempunyai sikap yaitu kesanggupan menjaga martabat, mengutamakan kepentingan negara dan masyarakat di atas kepentingan pribadi serta golongan. Bersikap jujur, tertib, dan cermat serta dapat melayani masyarakat dengan baik,” tuturnya.

Disinggung apakah pelantikan pejabat struktural akan menyusul dalam waktu dekat ini, Ino mengaku belum mengetahuinya. Adapun pelantikan yang akan dilakukan dalam waktu dekat adalah mereka yang lulus tes seleksi CASN yang dilaksanakan baru-baru ini.“Bertahap mungkin, belakangan nanti ada pelantikan yang lulus (tes CASN) kemarin,” imbuhnya.


Kepala Badan Kepegawaian (BKD) Banten Komarudin mengatakan, pelantikan 40 pejabat fungsional dilakukan berdasarkan Surat Keputusan (SK) Gubernur Banten nomor 821.2/KEP.320-BKD/2018 tertanggal 24 Oktober 2018. Mereka yang dilantik adalah petugas teknis di lapangan.

Pejabat fungsional itu bernaung di sejumlah OPD (oranisasi perangkat daerah) yaitu Dinas Pertanian, Dinas Kelautan dan Perikanan, RSUD Banten, RSU Malingping, Dinas Kesehatan, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi serta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.“Mereka yang dilantik berposisi sebagai pengawas benih, bibit, dan mutu. Kemudian, penyuluh pertanian, pengawas perikanan, penyuluh perikanan, dokter muda, sanitarian, pengawas ketenagakerjaan, apoteker muda, perawat gigi, dan guru pertama,” ujarnya. (dewa)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook