Disdukcapil Beri Pelayanan ke Pulau Tunda

nurul roudhoh   |   Serang Raya  |   Selasa, 13 November 2018 - 13:31:03 WIB   |  dibaca: 224 kali
Disdukcapil Beri Pelayanan ke Pulau Tunda

PELAYANAN : Petugas Disdukcapil menyerahkan KTPel yang telah selesai dicetak kepada warga Pulau Tunda, Minggu (11/1).

SERANG – Petugas Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Serang mengunjungi Pulau Tunda, Desa Wargasara, Kecamatan Tirtayasa untuk memberikan pelayanan administrasi kependudukan selama tiga hari dari Jumat sampai Minggu (9-11/11). Pelayanan jemput bola dilakukan untuk memastikan warga Pulau Teunda telah memiliki KTPel bagi mereka yang telah memiliki hak pilih.

Sekretaris Disdukcapil Kabupaten Serang Jajang Kusmara mengatakan, pemberian pelayanan administrasi kependudukan merupakan bagian kewajiban yang harus dipenuhi. “Iya kami telah melakukan pelayanan administrasi kependudukan di Pulau Tunda, karena sekarang kan menjelang pileg (pemilihan legislatif) dan pilpres (pemilihan presiden). Salah satu syaratnya warga harus memiliki KTPel,” kata Jajang, Senin (12/11).

Ia mengungkapkan, selain memberikan pelayanan perekaman dan pencetakan KTPel, pihaknya juga memberikan pelayanan pembuatan katu keluarga (KK), akta kelahiran (AK), dan akta kematian (AK). “Alhamdulillah masyarakat di sana (Pulau Tunda-red) sangat antusias karena ada pelayanan di tempat mereka. Karena kalau datang ke Serang kan banyak yang perlu dipersipkan, makanya kita jemput bola ke pulau,” ujarnya.

Mantan Camat Gunungsari itu mengungkapkan, terdapat 1.100 pemilih di Pulau Tunda dan saat ini mereka telah memiliki KTPel dengan telah dilakukan pelayanan jemput bola tersebut. “Memang tujuan kita untuk memastikan apakah warga yang telah memiliki hak pilih pada pileg dan pilpres mendatang sudah punya KTPel atau belum. Ternyata banyak juga warga yang usianya memasuki usia 17 tahun,” tuturnya.

Jajang menuturkan, pulau-pulau terpencil di Kabupaten Serang menjadi perhatian khusus dalam pemberian pelayanan administrasi kependudukan. “Bulan Oktober kemarin kita memberikan pelayanan ke Pulo Panjang, Kecamatan Puloampel. Kita juga menginap dua malam dalam melayani masyarakat. Tinggal Pulau Sangiang, Kecamatan Anyer tapi belum kita agendakan. Kegiatan jemput bola ini sangat membantu mereka,” katanya. (tanjung)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook