Pasar Padarincang Dibangun, Pedagang Bertambah

nurul roudhoh   |   Serang Raya  |   Selasa, 13 November 2018 - 13:51:04 WIB   |  dibaca: 487 kali
Pasar Padarincang Dibangun, Pedagang Bertambah

PEMBANGUNAN : Para pekerja sedang melakukan pembangunan Pasar Padarincang, di Desa Kadubereum, Kecamatan Padarincang, belum lama ini.

SERANG – Proses pembangunan pasar Padarincang, di Desa Kadubereum, Kecamatan Padarincang yang dimulai pada September lalu telah mencapai 46 persen. Meski belum selesai dibangun namun  para pedagang baru yang akan menempati pasar tersebut terus bermunculan. Dari jumlah pedagang yang menempati pasar padarincang lama sebanyak 500 orang, saat ini sudah bertambah menjadi 750 orang pedagang.

Kepala Seksi Sarana dan Prasarana Perdagangan Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Serang Titi Purwitasari mengatakan, pembangunan pasar Padarincang saat ini sedang dalam proses pengerjaan kios dan lost. “Sekarang pengerjaan masuk minggu keenam. Alhamdulillah progresnya sudah 46 persen. Kita targetkan sampai dengan 25 Desember harus sudah selesai,” kata Titi, saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (12/11).

Pasar dengan luas lahan 10.400 meter tersebut dibangun dengan prototype hanggar dari Kementerian Perdagangan (Kemendag) karena dibangun melalui dana perbantuan dari Kemendag sebesar Rp5,7 miliar. “Karena yang kita bangun ini pasar tipe A maka pembangunannya dua tahap. Untuk tahap kedua tahun depan yang dianggarkan dari APBD (anggaran pendapatan dan belanja daerah) sebesar Rp5,5 miliar,” ujarnya.

Ia mengungkapkan, sejumlah fasilitas akan dibangun untuk melengkapi pasar tersebut seperti ruang ATM, ruang klinik, ruang mushola, ruang pendingin, ruang menyusui, toilet pria dan perempuan, rumah potong hewan, area shelter dan tempat parkir. “Untuk kios jumlhanya 37 untit dan lost 198 unit. Pedagang yang akan menempati sekarang bertambah jadi 750 orang, tapi yang kita prioritaskan 500 pedagang yang menempati pasar yang lama,” tuturnya.

Titi menuturkan, pengelolaan pasar Padarincang tersebut akan diserahkan sepenuhnya kepada pihak unit pelaksana teknis dasar (UPTD) Pasar bagian Serang barat. “Harapan kita untuk penempatannya setelah tahap dua selesai biar bangunannya layak fungsi. Tapi kalau ada kebijakan dari UPTD untuk di tempati dulu pada selesai tahap satu enggak masalah. Insya Allah masyarakat sudah siap direlokasi karen jaraknya enggak jauh dari pasar yang sekarang,” katanya. (tanjung)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook