RPYD Al-Ikhlas Rayakan Maulid Nabi

nurul roudhoh   |   Pendidikan  |   Jumat, 30 November 2018 - 11:38:46 WIB   |  dibaca: 425 kali
RPYD Al-Ikhlas Rayakan Maulid Nabi

MERAYAKAN MAULID : Peserta perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW foto bersama usai kegiatan, kemarin.

CILEGON - Rumah Pintar Yatim dan Dhuafa (RPYD) Al-Ikhlas Cilegon berusaha mendidik anak-anak yatim dan dhuafa, agar menjadi manusia yang unggul dan berakhlakul Kharimah. Salah satunya dengan melakukan pembentukan karakter melalui berbagai kegiatan peringatan hari-hari besar keagamaan seperti peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang dilaksanakan di Sekretariat RPYD Al-Ikhlas, Jalan Sadewa Kavling Blok E nomor 1, Kecamatan Cilegon.


Ketua Panitia Maulid Nia Firdayanti mengatakan, dalam memperingat Maulid Nabi SAW, pihaknya berkolaborasi dengan mahasiswa jurusan Perbankan Syari'ah Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanudin Serang Banten."Ada 20 anak binaan kami yang mengikuti peringatan maulid. Bahkan tidak hanya anak binaan, kami juga mengundang orangtua siswa, ketua RT/RW dan tokoh masyarakat sekitar," katanya.


Nia menjelaskan, dengan memperingati maulid nabi, RPYD ingin menjadikan sosok Rasulullah SAW sebagai uswah hasanah dalam membangun kepedulian terhadap sesama. "Kami mengenalkan kepada anak-anak yatim dan dhuafa betapa pentingnya meneladani perbuatan Nabi SAW, sehingga mampu menumbuhkan semangat yang tinggi untuk terus berjuang dalam jalur agama Islam. Caranya dengan menampilkan kreasi yang masih bernuansa mengingat Nabi Muhammad SAW seperti menghafal ayat tentang Nabi Muhammad sebagai suri teladan yang baik, menyanyikan lagu rindu rasul, dan masih banyak penampilan lainnya," ujarnya.


Selain itu, lanjut Nia, digelar juga berbagai stand bazar makanan, minuman, aksesoris serta stand pemeriksaan kesehatan gratis untuk mengecek kolesterol dan tekanan darah.
Ketua RPYD Al-Ikhlas Yusuf Setiawan mengungkapkan, tidak hanya hari besar Islam saja yang dijadikan pembelajaran dalam pembentukan karakter anak didik RPYD. "Sebelumnya kami ajak anak-anak memperingati hari pahlawan agar mereka mampu mengenang jasa para pahlawan dan mampu menjadikannya sebagai motivasi dalam memajukan bangsa dan negara," tuturnya.


Yusuf mengungkapkan, tujuan RPYD untuk memfasilitasi anak-anak yatim dan dhuafa agar mendapatkan haknya untuk mengenyam hidup dan pendidikan yang layak. "Untuk mewujudkan hal itu maka kami siap bekerja sama dengan semua pihak baik secara kelembagaan maupun personal yang ingin memberikan kontribusi dan solusi nyata dalam memberdayakan anak-anak yatim dan dhuafa," katanya.


Menurutnya, anak yatim harus mendapat kesempatan seluas-luasnya untuk tumbuh dan berkembang secara optimal, baik fisik, mental, spiritual maupun sosial. "RPYD juga merupakan lembaga pengganti fungsi orangtua yang memiliki peran dan posisi sejenis yaitu memiliki program untuk membantu anak-anak yang mengalami hambatan, melalui pendidikan dan pembinaan dalam berupaya meningkatkan kemampuan individu anak-anak yatim dan dhuafa berdasarkan potensi yang dimiliki. Melakukan Home Care Service (Pelayanan Perlindungan Rumah) bagi anak yatim piatu dan dhuafa namun tidak mondok di panti," jelasnya.


Diketahui RPYD Al-Ikhlas merupakan lembaga filantropi yang menerima dan menyalurkan zakat, infak, dan sedekah serta dana sosial lainnya melalui program-program pendidikan yatim dan dhuafa putus sekolah, pembinaan dan bimbingan belajar, pengembangan hardskill dan softskill, santunan yatim dan dhuafa, serta bantuan musibah dan bencana alam. (danang)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook