Pengurus IDRI Banten Dilantik

nurul roudhoh   |   Pendidikan  |   Jumat, 30 November 2018 - 11:41:11 WIB   |  dibaca: 557 kali
Pengurus IDRI Banten Dilantik

LANTIK : Ketua IDRI Pusat Riyan Kurniawan (kanan) melantik pengurus IDRI Banten di Pendopo Gubernur Banten, kemarin.

SERANG - Riyan Kurniawan Ketua Ikatan Dosen Republik Indonesia (IDRI) Pusat melantik pengurus IDRI Banten, di Pendopo Gubernur Banten, Kamis (29/11). Kegiatan tersebut dihadiri oleh Ketaa Komisi V DPRD Banten, sejumlah dosen dan Dewan Pendidikan Banten.


Dalam sambutannya, Riyan Kurniawan mengatakan, tahun ini IDRI akan dibentuk di 21 provinsi se-Indonesia, dan Provinsi Banten adalah provinsi pertama yang kepengurusan IDRI dilantik, kemudian DKI Jakarta dan provinsi lainnya di Indonesia.“Sangat melihat pelantikan IDRI Banten ini memiliki samangat yang tinggi, untuk membangun organisasi ini,” kata Riyan Kurniawan kepada Banten Raya usai melantik pengurus IDRI Banten.


Ia mengaku, IDRI adalah organisasi baru yang menjadi wadah bagi profesi dosen di tingkat provinsi. Diperkirakan lebih dari 10 ribu dosen se-Indonesia akan bergabung menjadi anggota IDRI.“Saya berharap IDRI Banten mampu berkolaburasi dengan pemerintah, dunia usaha dan stakeholder lainnya agar bisa berkontribusi dalam pembangunan daerah,” ujarnya.


Ia menilai, saat ini banyak kajian yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Banten dilakukan di perguruan tinggi yang berada di luar Banten. Padahal, saat ini Provinsi Banten memiliki ratusan perguruan tinggi yang mampu melakukan penelitian dan kajian.“Saya berharap dengan dilantiknya IDRI Banten ini, bisa melakukan kajian dan penelitian serta seminar nasional dan internasional untuk membangun Banten,” harapnya.


Dalam kesempatan itu, Riyan juga mengaku prihatin terhadap kurangnya perhatian pemerintah terhadap kesejahteraan dosen. Padahal dosen sudah bekerja secara maksimal, namun mendapatkan upah yang minimal.“Upah dosen itu lebih rendah dari upah buruh. Buruh memiliki upah minimal, sedangkan dosen tidak memiliki upah minimal. Namun kami sangat terbantu dengan adanya sertifikasi dosen,” tegasnya.


Di lokasi yang sama, Ketua IDRI Banten Achmad Rozi El Eroy mengatakan, IDRI Banten sebagai wadah formal terkait organisasi profesi dosen, yang menjadi pintu masuk dalam hal pengembangan karir, perlindungan kerja dosen dan peningkatan mutu dosen.“Program IDRI dalam wkatu dekat adalah membangun komunikasi dengan kampus se-Banten untuk merekrut anggota. Dan mengumpulkan masukan dari dosen se-Banten, melakukan pengembangan karir dosen yang selama ini dilakukan di luar Banten dan akssesnya terbatas,” katanya.


Ia mengaku, keberadaan IDRI ini akan menciptakan event yang sesuai dengan kebutuhan dosen yang terbagi dalam 35 kepengurusan yang bekerja sesuai dnegan keahliannya masing-masing. Kata Rozi, saat ini persoalan kesejahteraan belum selesai dikalangan dosen.


“Sehingga dosen masih disibukan dengan mengajar dari satu kampus ke kampus lainnya, untuk memenuhi kebutuhan dapurnya. Hal tersebut menyebabkan dosen kurang dalam membuat karya tulis ilmiah,” katanya.


Namun, lanjutnya, IDRI Banten tetap konsen untuk membangun budaya literasi dikalangan dosen, diawali dengan membuat dua buku yang mudah-mudahan bisa menjadi pemantik agar dosen kembali menulis karya ilmiah. (satibi)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook