Akhir Tahun, Dana Desa Cair

nurul roudhoh   |   Pandeglang  |   Senin, 03 Desember 2018 - 12:53:54 WIB   |  dibaca: 268 kali
Akhir Tahun, Dana Desa Cair

BERIKAN KETERANGAN : Kepala DPMPD Pandeglang, Taufik Hidayat memberikan keterangan pers, kemarin.

PANDEGLANG - Sebanyak 326 desa di Kabupaten Pandeglang akhir tahun ini akan diguyur dana desa (DD). Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Pandeglang mencatat sudah ada sekitar 200 desa yang mengajukan permohonan pencairan DD tahap tiga. Kepala DPMPD Pandeglang, Taufik Hidayat membenarkan desa di masing-masing kecamatan sudah mulai melakukan pengajuan DD.

"Dari 200 desa yang menyampaikan usulan pencairan DD, memang masih ada desa yang belum, tapi kita upayakan semua desa secepatnya mengusulkan, sekarang sedang dalam proses," kata Taufik, Minggu (2/12).


Taufik meminta kecamatan untuk membantu desa yang belum pengajuan DD. "Bagi mereka (desa-red) yang belum pengajuan kami berharap pihak kecamatan untuk membantunya. Kita juga sudah berupaya mengingatkan kecamatan dan desa untuk segera mengusulkan pencairan DD sesuai dengan harapan agar terserap dengan baik," harapnya.


Dijelaskan Taufik, saat ini DPMPD sudah menyerahkan persyaratan pencairan DD ke Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Pandeglang. Tujuannya, agar DD tahun 2018 bisa diserap sesuai aturan. "Sudah kita ajukan ke BPKD. Kita optimistis DD tahun ini terserap, mereka sudah punya kalkulasi menghitung itu. Jadi ini bukan barang baru karena DD ini kan setiap tahun," jelasnya.


Taufik mengingatkan desa untuk menggunakan DD sesuai aturan. Dia menginginkan dana bantuan itu dapat digunakan untuk proses percepatan pembangunan di masing-masing desa sesuai harapan masyarakat. "Jadi penggunaannya sudah ada aturannya dalam APBDes. Intinya, mereka harus memaksimalkan penggunaan DD dan tidak ada waktu yang dibuang secara percuma," imbuhnya.


Kepala BPKD Pandeglang, Ramadhani mengatakan masih ada desa yang belum mengajukan permohonan pencairan DD tahap tiga. Namun dia sudah mengingatkan kecamatan untuk membantu desa mempercepat pengajuan dana bantuan itu. "Memang belum semua desa mengajukan permohonan pencairan, tapi kami sudah ingatkan camat untuk membantu supaya pengajuan DD bisa dipercepat," katanya.


Menurutnya, jika DD tahun 2018 tidak terserap maksimal, otomatis bantuan DD tahun 2019 terancam dikurangi oleh pemerintah pusat. "Jadi DD itu tidak bisa menjadi silpa, tidak seperti APBD. Ya, kalau gak terserap DD tahun berikutnya akan terkena pemangkasan. Misalnya, kalau tahun ini dana itu gak terserap Rp100 juta saja, tentunya tahun berikutnya dipangkas Rp100 juta sesuai aturan dari Kementerian Desa,” terangnya.


Camat Cikedal, Surya Darmawan menuturkan desa di kecamatannya sudah mengusulkan pencairan DD. Surya berharap dana tersebut bisa secepatnya cair. "Dari total 10 desa, semuanya sudah mengajukan DD tahap tiga, bahkan sudah ada desa yang diverifikasi oleh dinas. Kami berharap dana itu secepatnya cair agar pembangunan di desa bisa segera dilaksanakan," ungkapnya. (yanadi)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook