Revitalisasi Pasar, Pemkot Gandeng Swasta

nurul roudhoh   |   Metro Tangerang  |   Senin, 03 Desember 2018 - 13:28:12 WIB   |  dibaca: 143 kali
Revitalisasi Pasar, Pemkot Gandeng Swasta

BELUM NYAMAN : Aktivitas pedagang di Pasar Ciputat, Kecamatan Ciputat, Kota Tangsel berjalan normal. Rencanyanya, Pemkot Tangsel akan merevitalisasi pasar agar pasar menjadi nyaman.

KOTA TANGSEL - Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) bekerja sama dengan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menggelar penjajakan pasar atau market sounding guna mencari investor swasta untuk membiayai revitalisasi Pasar Ciputat, Kecamatan Ciputat, Kota Tangsel.


Kepala Badan Perencanaan Daerah Kota Tangerang Selatan, Mohammad Taher Rochmadi mengatakan, penjajakan itu diharapkan menghadirkan investor yang mampu mengelola Pasar Ciputat agar memiliki daya saing. "Pihak swasta sebagai pengelola diharapkan dapat bekerja sama baik dengan Pemerintah Kota Tangerang Selatan sebagai regulator dan pemilik kawasan pasar. Melalui kehadiran swasta akan tercipta suatu inovasi dalam mengelola pasar tradisional yang memiliki daya saing," ujar pria yang akrab dipanggil Taher ini kepada wartawan melalui telepon, Minggu (2/11).


Taher menjelaskan, penjajakan pasar dilakukan sebagai bentuk rencana Pemkot Tangsel untuk merenovasi Pasar Ciputat dengan menggunakan skema kerjasama pemerintah dan badan usaha (KPBU). Pemkot Tangsel, lanjut Taher, membutuhkan anggaran sekitar Rp 250 miliar untuk merevitalisasi Pasar Ciputat. “Jadi nantinya, pengembalian investasi akan berasal dari tarif yang terdiri dari biaya sewa kios, retribusi, pengelolaan parkir, toko, foodcourt, dan gedung lainnya selama masa konsesi 20 tahun. Proyek itu juga direncanakan akan mendapatkan penjaminan pemerintah melalui PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia,” jelasnya.


Taher menambahkan, cakupan revitalisasi Pasar Ciputat dengan skema KPBU itu di antaranya, membangun pasar, mengoperasionalkan, memelihara, mengelola sistem manajemen rantai distribusi, mengelola sistem belanja online jika diperlukan, menyiapkan SOP dan mengelola penarikan retribusi. "Proyek ini diharapkan akan memasuki tahap prakualifikasi pada sekitar kwartal empat tahun 2019," ujarnya.


Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Pembebasan lahan pada Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Pertanahan (Diperkimta) Kota Tangsel, Rizkiyah  menagatakan, akan ada penambahan luas lahan untuk melaksanakan program revitalisasi Pasar Ciputat. Rencananya, luas lahan yang akan digunakan 2,1 hektare lebih. “Hasil inventarisir di area hunian warga yang dibebaskan ada 143 bidang lahan,” katanya.


Rizkiyah menambahkan, pihaknya sudah megelar sosialisasi pembebasan lahan untuk digunakan perluasan Pasar Ciputat kepada warga sekitar pasar pada Mei lalu. Pendataan dan penetapan obyek lahan gusuranpun sudah rampung. “Saat ini, kita akan naik ke pengumuman karena perlu dikonfrmasi sejarah tanah yang akan terkena gusuran Pasar Ciputat,” pungkasnya. (mg/imron)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook