130 Lembaga Keagamaan Dapat Dana Hibah

nurul roudhoh   |   Pandeglang  |   Rabu, 05 Desember 2018 - 11:29:31 WIB   |  dibaca: 233 kali
130 Lembaga Keagamaan Dapat Dana Hibah

DANA HIBAH : Bupati Irna Narulita didampingi Sekda Fery Hasanudin menyaksikan penandatangan NPHD yang dilakukan salah satu perwakilan lembaga keagamaan di Oproom Setda Pandeglang, Selasa (4/12).

PANDEGLANG - Sebanyak 130 lembaga keagamaan di Kabupaten Pandeglang mendapat bantuan dana hibah senilai Rp6 juta hingga Rp70 juta. Hal itu terungkap dalam kegiatan penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) bersama perwakilan lembaga keagamaan di Oproom Setda Pandeglang, Selasa (4/12).


Bupati Irna Narulita yang hadir dalam acara tersebut mengingatkan lembaga keagamaan yang mendapat bantuan dana hibah dapat digunakan sesuai peruntukan dan bisa membawa kemaslahatan bagi umat. "Tadi sudah saya imbau ke mereka agar dana hibah ini dipakai untuk kegiatan yang efektif seperti rehab, kegiatan hari besar Islam, yang penting bisa mengajak generasi muda memakmurkan masjid dan majelis taklim," pesan Irna ditemui usai acara.


Irna menginstruksikan Bagian Administrasi Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Pandeglang dan camat untuk mengawasi penggunaan dana hibah secara ketat. Soalnya, penerima bantuan sudah divalidasi sebelumnya. "Ini kan uang rakyat, harus buat rakyat lagi. Bagian Kesra dan camat harus mengawasi dan dapat digunakan sesuai aturan," tegasnya.


Kepala Bagian Administrasi Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Pandeglang, Samsudin memastikan bantuan dana hibah bagi lembaga keagamaan digunakan sesuai aturan. Untuk memastikan dana itu efektif, dia mengaku akan turun ke lapangan melakukan pengawasan. "Nanti kalau dana ini sudah diberikan, kita akan melakukan monitoring, kita pastikan dana hibah ini digunakan untuk pembangunan," ujarnya.


Samsudin menjelaskan ada ratusan lembaga agama yang mendapat bantuan dana hibah. "Total anggaran hibah tahun ini semuanya Rp1,170 miliar yang diperuntukan untuk 130 lembaga keagamaan, dengan rincian 25 masjid, 17 musala, 51 pondok pesantren, dan 37 majelis taklim. Setiap lembaga mendapat bantuan bervariatif, mulai dari Rp6 juta hingga Rp70 juta," jelasnya.


Samsudin mengingatkan lembaga agama untuk secepatnya mengajukan permohonan pencairan dana tersebut. Sedangkan mekanisme pencairan akan dikirim langsung ke rekening penerima. Paling lambat semua bantuan itu akan tersalurkan dalam satu pekan ke depan. "Nanti diajukan dulu ke DPKD (Dinas Pengelolaan Keuangan Daerah). Dan pencairannya langsung ke masing-masing penerima selama tujuh hari," imbuhnya. (yanadi)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook