Diterjang Banjir, Jembatan Paniis Jebol

nurul roudhoh   |   Pandeglang  |   Kamis, 06 Desember 2018 - 12:07:14 WIB   |  dibaca: 197 kali
Diterjang Banjir, Jembatan Paniis Jebol

TERISOLISASI : Warga mencoba melintasi jembatan poros desa yang ambruk di Desa/Kecamatan Jiput, kemarin.

PANDEGLANG -  Jembatan penghubung jalan poros desa antara Desa Jiput dan Sukamanah di Kampung Paniis Lebak, Desa/Kecamatan Jiput ambruk, Selasa (5/12). Dengan ambruknya jembatan sepanjang 13 meter, lebar 2,1 meter dan tinggi 7 meter tersebut, membuat warga terisolasi karena jalan tersebut tidak bisa dilewati kendaraan. Pejalan kaki pun harus ekstra hati-hati saat melintas.


Warga setempat Olih mengatakan, ambruknya jembatan terjadi saat hujan lebat. Katanya, air Sungai Cinanggung meluap dan mengikis pondasi jembatan yang sudah rapuh. "Desa kami memang diguyur hujan lebat. Akibatnya sungai meluap membuat jembatan ambruk," katanya.


Olih mengatakan, usia jembatan sudah tua karena dibangun sekitar 20 tahun silam. "Tiga kepala desa yang pernah menjabat tidak melakukan renovasi. Akibatnya ya seperti ini ambruk. Tentu biaya perehabannya akan lebih mahal lagi. Padahal jembatan ini sebagai akses atau poros antar desa yang vital," kata Olih.


Setelah jembatan ambruk, kata Olih, sangat menyulitkan warga. Sebab tidak ada jalan lain bagi warga untuk melintasi ke kampung sekitarnya. "Akibat ambruknya jembatan tersebut, motor tidak bisa melintas. Selain itu, pejalan kaki juga harus ekstra hati-hati, karena jembatan tersebut ambruk," tuturnya.


Kepala Desa Jiput, Kecamatan Jiput Ajen mengatakan, dengan ambruknya jembatan tersebut pihaknya akan melaporkan ke pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pandeglang. Soalnya, kata dia, ambruknya jembatan tersebut akibat kebencanaan. "Kita juga sedang membuat proposalnya, untuk diajukan ke BPBD. Sehingga kita harapkan bisa cepat ditindaklanjuti, karena jembatan tersebut sangat penting untuk warga kami," tuturnya.(muhaemin)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook