TPS di Pegunungan dan Rawan Banjir Jadi Atensi KPU

nurul roudhoh   |   Metro Cilegon  |   Jumat, 07 Desember 2018 - 10:46:49 WIB   |  dibaca: 173 kali
TPS di Pegunungan dan Rawan Banjir Jadi Atensi KPU

PAPARAN : Komisioner KPU Cilegon, Eli Jumaeli paparan dihadapan PPS, kemarin.

CILEGON – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cilegon memberikan sorotan khsusus terhadap sejumlah tempat pemungutan suara (TPS). Sebab, di TPS tersebut memiliki medan lumayan berat karena berada di wilayah pegunungan dan beberapa diantaranya juga rawan terhadap bencana banjir.

Ketua KPU Kota Cilegon, Irfan Alfi menyatakan, TPS yang secara geografis sulit akan menjadi atensi khusus KPU Kota Cilegon, sehingga saat pendistribusian logistik tidak menjadi kendala. Panitia Pemilihan Kecamatan dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) diminta menyiapkan antisipasi-antisipasi, sehingga tidak akan mengganggu tahapan pemilihan, terutama saat pemungutan dan penghitungan suara.

“Total ada 1.214 TPS di Kota Cilegon, beberapa TPS harus kita akui ada (kendala geografis). Itu sudah kami petakan dan berikan atensi khusus, sehingga bisa diantisipasi,” katanya kepada wartawan usai menggelar sebuah rapat koordinasi (rakor) di salah satu hotel, Kamis (6/11).


Irfan menjelaskan, selain menyoroti TPS, KPU juga menyoroti sumberdaya Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). Ada total 8.498 anggota KPPS yang akan melakukan tugas di TPS. Hal tersebut untuk mengantisipasi berbagai pelanggaran yang dilakukan kerena ketidakmengertian anggota KPPS. “Pilkada Pilgub lalu sudah ada untuk bahan evaluasi. Untuk itu, kami akan melakukan bimtek kepada KPPS,” jelasnya.


Sementara itu, Anggota PPK Kecamatan Pulomerak, Suwardi mengungkapkan, ada beberapa TPS di Kelurahan Lebak Gede, tepatnya di Lingkungan Cipala yang secara medan cukup menyulitkan. Sebab, TPS berada di atas gunung.

Hal tersebut jelas akan menjadi kendala saat pendistribusian logistik, karena akan berpengaruh terhadap waktu dan juga proses distribusi. “Lumayan berat, kami harap ini bisa mejadi perhatian KPU Kota Cilegon. Lumayan cukup jauh, jika dengan kendaraan roda dua tidak akan bisa diangkut logistiknya,” imbuhnya.

Anggota PPK Kecamatan Ciwandan, Muhlisin juga menyatakan, ada beberapa TPS yang rawan banjir di Kelurahan Tegal Ratu. Hal tersebut diharapkan bisa dicarikan solusi mengingat saat pemilu nanti merupakan musim hujan. “Jangan sampai saat pemilihan TPS banjir, ini tentu harus dicarikan solusianya,” ringkasnya. (uri)  

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook