Anak Gemar Baca Tergantung Perilaku Ortu

nurul roudhoh   |   Pandeglang  |   Jumat, 07 Desember 2018 - 11:38:57 WIB   |  dibaca: 170 kali
Anak Gemar Baca Tergantung Perilaku Ortu

MEMBACA : Orangtua melihat anaknya membaca buku di sela-sela acara perenting di kantor DPAD Pandeglang, Kamis (6/12).

PANDEGLANG - Peran orangtua sangat penting dalam meningkatkan minat baca anak sejak dini. Hal ini diingatkan aktivis pemerhati parenting, Nursaidah dihadapan para orangtua yang hadir dalam acara seminar parenting di kantor Dinas Perpustakaan Arsip Daerah (DPAD) Pandeglang, Kamis (6/12).

Menurutnya, peran orangtua dalam membimbing anaknya untuk rajin membaca sangat dibutuhkan. "Kita sebagai orangtua harus memfasilitasi anak untuk rajin membaca, kalau sudah begitu bisa menjadi daya tarik anak untuk membaca. Jangan sampai di rumah hanya ada bungkus nasi dan koran bekas," kata Nursaidah.


Dia mengatakan rendahnya minat baca anak disebabkan dari lingkungan keluarga. Sebab, seorang anak mustahil memiliki kegemaran membaca apabila keluarganya tidak pernah membiasakan budaya membaca. "Lingkungan keluarga sangat dibutuhkan, bagaimana kita mengajak anak untuk rajin membaca. Jadi peran orangtua disini sangat diperlukan," ujarnya.


Faktor lain yang menyebabkan rendahnya minat baca anak, kata dia, karena perkembangan teknologi. Meskipun memberikan dampak positif, namun kemajuan teknologi dapat memberi dampak negatif apabila tidak diawasi dan dikendalikan dengan baik. "Memang handphone dan gadget berbahaya. Kita bukan melarang tapi harus bijak dan tahu fungsinya. Kita harus mengeceknya anak kita itu sedang mengakses konten apa," imbuhnya.


Dijelaskannya, pendidikan terhadap anak bukan hanya tanggung jawab guru di sekolah. Namun hal tersebut menjadi tanggung jawab bersama orangtua di rumah agar orangtua sepenuhnya mencurahkan perhatiannya kepada anak. “Dengan penerapan sinergitas pola asuh dan pola didik, maka seminar parenting ini menjadi salah satu solusi," jelasnya.


Asisten Daerah Bidang Administrasi Umum Setda Pandeglang, Undang Suhendar mengharapkan seminar parenting dapat mengingatkan orangtua untuk lebih berperan aktif meningkatkan minat baca anak. "Melalui kegiatan itu semoga dapat menumbuhkan minat orangtua untuk mengajak anaknya rajin membaca, baik di sekolah maupun di lingkungan masyarakat," harapnya. (yanadi)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook