Dihidupkan Lagi, Bukan Untuk Menjaga Orang Hajatan

nurul roudhoh   |   Serang Raya  |   Jumat, 07 Desember 2018 - 14:15:17 WIB   |  dibaca: 90 kali
Dihidupkan Lagi, Bukan Untuk Menjaga Orang Hajatan

PELANTIKAN : Sekda Pemkab Serang Tb Entus Mahmud Sahiri memakaikan topi kepada perwakilan anggota Satlinmas usai mereka dilantik, Kamis (6/12).

SERANG – Anggota Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) sebagai pengaman lingkungan sangat dibutuhkan oleh masyarakat, namun dalam beberapa tahun terakhir keberadaannya hampir tidak terlihat. Untuk itu Satlinmas dihidupkan lagi.

Pagi itu, Kamis (6/12) pukul 09.00 WIB sejumlah orang dengan berpakaian lengkap berwarna hijau dan sebagian lagi menggunakan baju batik berkumpul di ruang rapat Tb Suwandi, Pemkab Serang untuk melaksanakan pelantikan anggota Satlinmas yang diselenggarakan Dinas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Serang.


Para anggota Satlinmas dari 11 kecamatan yang berjumlah 103 orang tersebut terdiri dari berbagai usia, mulai dari anak muda sampai dengan orang dewasa. Satlinmas atau yang dulu dikenal dengan sebutan hansip dihidupkan kembali oleh Pemkab Serang untuk menjaga keamanan dan ketertiban di tengah-tengah masyarakat.


“Kita sadar betul peran anggota Satlinmas sangat dibutuhkan. Memang beberapa tahun terakhir ini mereka seperti kurang pembinaan dan perhatian baik dari pemerintah pusat maupun pemerintah daerah,” kata Sekda Pemkab Serang Tb Entus Mahmud Sahiri.


Kegiatan yang dirangkaikan dengan sosialisasi dan launching aplikasi perlindungan masyarakat (Alpukat) tersebut merupakan bentuk pemberdayaan anggota Satlinmas dalam membantu kinerja pemerintah. “Anggota Satlinmas tidak boleh kalah dari ormas (organisasi masyarakat). Anggota Satlinmas bukan untuk menjaga orang hajatan kecuali ada permintaan,” ujarnya.


Namun demikian, Pemkab Serang saat ini belum bisa memberikan reward berupa insentif terhadap para anggota Satlinmas tersebut dan baru direncanakan pada tahun depan. “Untuk nsentif belum ada, nanti kita bahas dulu payung hukumnya tapi prinsipnya kita setuju untuk memberikan insentif seperti hanya yang diberikan kepada ketua RT,” tuturnya.


Sementara itu, Kepala Dinas Satpol PP Kabupaten Serang Hulaeli Asyikin menuturkan, pengaktifan kembali anggota Satlinmas dilakukan secara bertahap disesuaikan dengan anggaran yang tersedia. “Ini baru 11 kecamatan. Mereka ini yang sudah diberi pelatihan oleh TNI-Polri pada 2017 lalu berkaitan dengan bela negara dan penanganan gangguan trantibum. Nanti mereka kita kasih kartu anggota,” katanya. (TANJUNG)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook