Bawaslu Sisir Angkutan Umum

nurul roudhoh   |   Serang Raya  |   Jumat, 07 Desember 2018 - 14:17:49 WIB   |  dibaca: 89 kali
Bawaslu Sisir Angkutan Umum

PENERTIBAN : Bawaslu Kabupaten Serang bersama Satpol PP dan Dishub mencopot APK berupa stiker menempel pada angkutan umum, Kamis (6/12).

SERANG – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Serang bersama Dinas Perhubungan (Dishub) dan Dinas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Serang menyisir angkutan umum dari mulai dari terminal Kibin sampai kawasan Modern Cikande. Penyisiran dilakukan untuk menertibkan alat peraga kampanye (APK) berupa sticker one way yang dipasang di angkutan umum.


Divisi Hukum, Informasi dan Data Bawaslu Kabupaten Serang Ari Setiawan mengatakan, dalam penertiban tersebut pihaknya berhasil mencopot delapan sticker one way yang dipasang di angkutan kota (angkot). “Seluruh branding peraga kampanye kita cabut dari angkutan umum. Cuman memang hanya dapat delapan one way dari pukul 10.00 WIB sampai 14.00 WIB,” kata Ari, Kamis (6/12).


Ari menduga, sticker one way sudah dicopot oleh Bawaslu Kota Serang saat dilakukan penertiban karena angkot yang ada di Kibin melintasi Kota Serang. “Kalau dibilang lolos enggak juga, karena saat kita tertibkan dan sebelumnya kita beri pemahaman pemilik angkot mempersilakan untuk dicopot karena katanya uangnya sudah habis. Jadi tidak ada penolakan,” ujarnya.


Ia menjelaskan, pelarangan pemasangan sticker one way di angkutan umum diatur dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 23 Tahun 2018 Tentang Kampanye Pemilu.“Jadi branding kendaraan umum untuk kampanye itu tidak boleh, yang diperbolehkan itu kendaraan pribadi. Itu pun hanya boleh menyantumkan logo partai. Tapi sekarang banyaknya foto dan nama calon,” tuturnya.


Terkait sticker one way pada mobil pribadi tersebut pihaknya akan segera menggelar rapat koordinasi (rakor) dengan pengurus partai politik (parpol). “Dalam rapat nanti kita sampaikan mana yang boleh dan mana yang tidak boleh. Kalau setelah rakor masih tetap ditemukan kendaraan pribadi yang mencantumkan foto dan nama caleg akan kita tertibkan,” paparnya.


Mantan Direktur Pattiro Banten itu juga mengungkapkan, penertiban akan dilakukan di seluruh wilayah Kabupaten Serang. “Sekarang teman-teman Panwascam (pengawas kecamatan) sedang melakukan pendataan di titik-titik mana saja yang ada kendaraan umum dipasangi peraga kampayer berupa sticker one way, baru setelah itu kita bergerak,” katanya. (tanjung)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook