PDAB Terancam Dibubarkan

nurul roudhoh   |   Metro Serang  |   Senin, 10 Desember 2018 - 11:54:28 WIB   |  dibaca: 172 kali
PDAB Terancam Dibubarkan

AIR BERSIH : Alat berat mengeruk sedimentasi lumpur di saluran irigasi di Kasemen, belum lama ini. Masyarakat Kasemen banyak memanfaatkan air dari sungai ini yang keruh dan kotor untuk memenuhi kebutuhan air bersih, termasuk untuk minum.

SERANG- Pemerintah Kota (Pemkot) Serang akan mengevaluasi keberadaan Perusahaan Daerah Air Bersih (PDAB) Tirta Madani. Sebab keberadaan PDAB ada tetapi seperti tidak ada.Wakil Walikota Serang Subadri Usuludin mengatakan bahwa PDAB Tirta Madani sesungguhnya memiliki peran strategis yaitu mensuplai air bersih ke daerah-daerah di Kota Serang yang masih kekurangan air bersih seperti Kecamatan Kasemen.

Sayang selama ini peran PDAB Tirta Madani tidak begitu menonjol. Ia pun mengaku tidak mengetahui secara luas peran dan sepak terjang PDAB Tirta Madani selama ini. Bahkan Subadri menyebut PDAB Tirta Madani sebagai jelangkung."Akan kita lihat bagaimana selama ini. Akan kita evaluasi," kata Subadri, kemarin.


Subadri mengatakan bahwa hari ini ia akan ikut rapat dengan semua organisasi perangkat daerah (OPD) di Kota Serang untuk membahas program 100 hari kerja walikota dan wakil walikota Serang. Dalam pertemuan itu ia akan mempertanyakan peran PDAB Tirta Madani selama ini sejauh apa.

Jika dari hasil evaluasi kemudian tidak banyak yang dilakukan oleh PDAB Tirta Madani maka tidak menutup kemungkinan PDAB Tirta Madani akan ditutup. Apalagi bila selama ini PDAB Tirta Madani tidak memiliki program kerja yang jelas."Kalau lebih banyak mudaratnya ketimbang manfaatnya buat apa dipertahanin? Mending dibubarin aja. Kalau tidak ada manfaatnya semua akan setuju PDAB dibubarin," katanya.

Subadri menyatakan bahwa tugas PDAB Tirta Madani sebenarnya cukup ringan. PT Sauh Bahtera Samudera, perusahaan pengelolaan air bersih yang ada di Kasemen, setiap tahun memberikan bagi hasil berupa air bersih untuk Kota Serang. Air ini bisa digunakan untuk mengaliri rumah-rumah warga yang membutuhkan air bersih. Sementara tugas PDAB Tirta Madani sebenarnya tinggal memasang pipa ke rumah-rumah warga."PDAB tinggal bikin pipanisasi dan menyalurkan air ke masyaraakat Kasemen," katanya.

Anggota DPRD Kota Serang Ujang Syafrudirman mengatakan bahwa pada tahun 2016 lalu ia pernah menyampaikan kritik keras kepada PDAB Tirta Madani. Saat itu ia menilai kinerja PDAB Tirta Madani sangat buruk, sehingga ia meminta agar manajemen perusahaan tersebut diganti.Karena itu ia mendukung langkah evaluasi yang akan dilakukan oleh Wakil Walikota Serang mengenai manajemen PDAM Tirta Madani. (tohir)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook