Kotra Kunjungi RPB

nurul roudhoh   |   Pendidikan  |   Senin, 10 Desember 2018 - 12:01:25 WIB   |  dibaca: 446 kali
Kotra Kunjungi RPB

OPTIMISTIS : Rombongan Kontra foto bersama dengan pengurus RPB usai melakukan kunjungan, kemarin.

CILEGON - Korean Trade Invesment Promotion Agency (Kotra) lembaga yang bergerak di pusat layanan investasi perdagangan Korea Selatan, Kamis (6/12) berkunjung ke Rumah Peradaban Banten (RPB).


Dalam kunjungannya dua orang perwakilan Kotra, yakni Lee Chang  Hyun deputi Direktur bersama rekannya Oktaviana Diah Puspita,  juga didampingi oleh delegasi dari Universitas Indonesia (UI) Bambang S Laksono dan tiga orang mahasiswa. Kunjungan ini salah satunya dalam rangka melihat-lihat program yang yang sudah di implemtasikan PT. Krakatau Posco (KP) dan PT. Krakatau Posco Social Entreprise (KPSE).


Kunjungan ke RPB merupakan rangkaian yang dilaksanakan oleh Kotra dalam rangka melihat langsung tanggung jawab sosial yang dilakukan oleh KP dan KPSE kepada masyarakat sekitar. Dalam kesempatan itu Bambang menceritakan bagamaiana semesti industri tumbuh bersamaan dengan semangat membangun masyarakat, hal ini bisa dilakukan dalam konteks kebijakan daerah, untuk memayungi kepentingan daerahnya.


Sementara Huluful Fahmi, pendiri RPB yang juga Ketua CCSR Kota Cilegon menitipkan beberapa hal terkait harapan mengenai keberpihakan industri dalam konteks pembangunan yang mesti melihat aspek pembangunan yang lebih komprehensif.


Selain persoalan produksi dengan target-target perhitungan bisnisnya, namun ada persoalan lain yang tidak kalah penting mengenai  pembangunan yang berbasis kepada pengembangan sumber daya manusia lokal, penataan kota, hinga akulturasi budaya yang di timbulkan dari industrialisasi juga mesti turut di fikirkan dan dibangun secara serius, bersama pihak industri.


Fahmi juga mengucapkan banyak terimakasih kepada Kotra dan UI yang sudah mengunjungi kampungnya. Semoga kedepan ini merupakan pembelajaran bagi industri-industri lain untuk turut membangun  daerahnya dengan melakukan pembinaan dan pendampingan yang di inisiasi oleh dunia akademik. Sehingga industri memiliki kontribusinya yang jelas bagi peroses pengembangan daerah.


Dalam kesempatan itu Lee Chang Hyun berkesempatan melihat-lihat produk dari karya ibu-ibu binaan KP dan KPSE, yakni kelompok wanita tani asoka pintu air, yang memajang produk karya buah tangan Kokoru, steak sawi dan brownies. Semenetara Sanggar Wuni Kreasi memamerkan produk hiasan berbahan dasar kayu palet sisa industri. (satibi)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook