Pemda Didesak Selesaikan Masalah HAM

nurul roudhoh   |   Metro Serang  |   Selasa, 11 Desember 2018 - 14:43:07 WIB   |  dibaca: 220 kali
Pemda Didesak Selesaikan Masalah HAM

HAM : Unjuk rasa mahasiswa yang mendesak pemerintah daerah (pemda) menyelesaikan kasus HAM, kemarin.

SERANG- Pemerintah daerah (Pemda) di Banten, mulai tingkat provinsi sampai kabupaten/kota, didesak untuk menyelesaikan masalah hak asasi manusia (HAM) yang ada. Khusus untuk wilayah Banten, masalah HAM yang banyak terjadi adalah tentang masalah lingkungan hidup.


Tuntutan itu disampaikam sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Progresif saat menggelar unjuk rasa memperingati Hari HAM sedunia di depan kampus UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten, Senin (10/12).

Ketua Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi (LMND) Kota Serang Andreas Lorenzo mengatakan bahwa hak asasi manusia sebagai hak yang melekat pada manusia harus dijaga oleh pemerintah daerah.

Salah satunya adalah hak kaum miskin dan anak jalanan dalam mengenyam pendidikan dan hak hidup. Menurutnya, saat ini masih banyak masyarakat miskin dan anak jalaanan di Kota Serang yang tidak diperhatikan oleh Pemkot Serang. Hal ini dapat dilihat dari anak jalanan yang ditangkap tetapi tidak dibina oleh Pemkot Serang.

"Terkait masalah lingkungan saat ini banyak lahan yang diekspoitasi oleh pemerintah daerah misalkan untuk pembangunan pabrik semen (pabrik beton). Padahal, lahan yang digunakan bukan peruntukannya untuk pabrik semen," katanya.

Ketua Serikat Mahasiswa Sosialis Demokratik (SWOT) Kota Serang Samsul Maarif mengatakan bahwa masalah lingkungan di Banten harus menjadi perhatian pemerintah daerah. Sebab bila lingkungan di Banten hancur maka masyarakat tidak bisa hidup dengan baik.“Masalah lingkungan ini tolong lah diclearkan (diselesaikan) oleh pemerintah daerah,” katanya.

Samsul mengungkapkan bahwa selama ini pemerintah tidak serius menyelesaikan masalah HAM. Kasus pembunuhan aktivis HAM Munir, pembunuhan Wiji Tukul, dan Marsinah sampai saat ini belum diketahui dalangnya. Beberapa orang yang diadili diyakini bukan merupakan otak dari pembunuhan aktivis-aktivis tersebut.
“Pemerintah tidak efektif menyelesaikan HAM,” katanya.

Karena itu, pada Hari HAM sedunia ini ia meminta agar HAM ditegakkan oleh pemerintah dan pemerintah daerah. Penegakan HAM merupakan syarat bila Indonesia ingin menjadi negara modern. Karena itu penegakan HAM seharusnya dikedepankan. (tohir)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook