LPMP Dorong SPMP

nurul roudhoh   |   Lebak  |   Jumat, 14 Desember 2018 - 13:01:12 WIB   |  dibaca: 113 kali
LPMP Dorong SPMP

PAMERAN : Berbagai hasil karya dan hasil kreatifitas pelajar sekolah model SPMI SMPN 1 Karangtanjung, Pandeglang dipamerkan, di Hotel Ledian, Kamis (14/12).

RANGKASBITUNG- Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Banten sejak 12-14 Desember 2018 melaksanakan desiminasi hasil sistem penjaminan mutu internal SPMI sekolah model (sekmod). Kegiatan itu sebagai bentuk upaya untuk mewujudkan sistem penjaminan mutu pendidikan (SPMP) di dalam pengelolaan pendidikan oleh sekolah atau pengelola pendidikan.


Kepala LPMP Banten M Salim Somad kepada Banten Raya mengatakan bahwa sekolah model merupakan sekolah yang ditetapkan dan dibina oleh LPMP untuk menjadi sekolah acuan bagi sekolah lain di sekitarnya, "Ini dibutuhkan dalam penerapan penjaminan mutu pendidikan secara mandiri," ujar M Salim Somad, kemarin.


Dijelaskannya sekolah model adalah sekolah yang mampu dan berkomitmen untuk menerapkan  sistem penjaminan mutu pendidikan. Sistem itu dapat menunjukkan terjadinya perubahan atau peningkatan mutu secara berkelanjutan dan terukur setelah menerapkan penjaminan mutu.


"Indikator keberhasilan sekolah model di antaranya satuan pendidikan mampu menjalani seluruh siklus penjaminan mutu, berfungsinya organisasi penjaminan mutu pendidikan di satuan pendidikan. Sedangkan outcomenya adalah proses pembelajaran berjalan sesuai standar, pengelolaan satuan pendidikan berjalan sesuai standar. Terakhir dampaknya akan baik terhadap budaya mutu di satuan berkembang, serta mutu hasil belajar meningkat," ujar M Salim Somad, kemarin.


Menurutnya, sekolah model harus mampu memberikan contoh bagi sekolah-sekolah lainnya dan harus memiliki komitmen terhadap budaya mutu dalam upaya pemenuhan SNP. Untuk itu, perlu adanya kerjasama yang baik dan berkesinambungan dengan stakeholder demi terwujudnya pendidikan yang bermutu yang akan melahirkan insan-insan berkarakter mulia dan memiliki sifat kompetitif. Hal itu merupakan program yang sangat penting untuk meningkatkan mutu pendidikan di Banten.

Dalam kegiatan tersebut, sejumlah sekolah lanjutan tingkat pertama (SLTP) serta sekolah lanjutan tingkat atas (SLTA) dari kabupaten dan kota di Banten menggelar pameran berbagai produki hasil kreatifitas siswa yang ternyata banyak mendapakan perhatian dari berbagai kalangan."Dalam kegiatan ini pula, sejumlah sekolah model di Banten ikut serta dalam pameran hasil karya para pelajarnya," katanya.


Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Lebak Wawan Ruswandi mengaku bangga serta mendukung terhadap upaya LPMP Banten mewujudkan sistem penjaminan mutu pendidikan dalam pengelolaan pendidikan."LPMP adalah kepanjangtanganan kementrian pendidikan dan kebudayaan. Oleh karena itu upaya sistem penjaminan mutu pendidikan dalam pengelolaan pendidikan tentu sangat kami dukung.

Mengapa demikan, karena upaya tersebut sangat bermandaat bagi bidang pendidikan itu sendiri," kata Wawan Ruswandi.(hudaya) kegiatan maupun program yang dilakukan LPMP tentu sangat mendukung terhadap upaya peningkatan mutu pendidikan di Banten,"kata Wawan Ruswandi.(hudaya)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook