Gaji Telat, ASN Pemkab Dikejar Rentenir

nurul roudhoh   |   Metro Tangerang  |   Rabu, 09 Januari 2019 - 14:57:59 WIB   |  dibaca: 111 kali
Gaji Telat, ASN Pemkab Dikejar Rentenir

APEL : Ratusan ASN Kabupaten Tangerang mengikuti apel pagi di lapangan Maulana Yuda Tigaraksa, Kecamatan Tigaraksa, Kabupaten Tangerang, Senin (7/1).

KAB. TANGERANG - Sudah menjadi kebiasaan gaji Aparatur Sipil Negara (ASN) pada awal tahun selalu terlambat. Kondisi itu dikeluhkan ASN mereka mengaku dikejar utang cicilan kendaraan dan pembayaran kebutuhan lain.Salah seorang ASN di lingkungan Pemkab Tangerang yang enggan disebutkan namanya mengatakan, sudah menjadi kebiasan di awal tahun gaji telat.

Ia mengaku tidak tahu kenapa pembayaran gaji terlambat hingga sampai saat ini. Padahal, sejumlah ASN perlu biaya untuk kebutuhan hidup keluarga setiap bulannya. “Pegawai belum pada gajian. Saya harap pemerintah memberikan kejelasan atas pembayaran hak kami ini, bila perlu sistem gaji pegawai ini diperbaiki," katanya saat ditemui Gedung DPRD Kabupaten Tangerang, Selasa (8/1).

Dijelaskannya, dengan adanya keterlambatan pembayaran gaji para pegawai ini, maka tak ayal telah membuat banyak pegawai yang telat dikejar utang akibat banyaknya peminjaman biaya yang menumpuk. Seperti pembayaran cicilan rumah, kredit sepeda motor, bekal anak sekolah dan biaya pembayaran kebutuhan lainnya.

"Kami ini cuma pegawai kecil yang hanya hidup pas-pasan dari penghasilan gaji kami sebagai pekerja di instansi pemerintahan. Dan tentunya, gaji ini merupakan harapan kami satu-satunya untuk dapat melangsungkan kebutuhan hidup kami. Jadi, kami sangat mengharapkan meski ada pergantian tahun, tapi gaji jangan sampai terlambat seperti ini karena kami butuh biaya untuk hidup,’’ bebernya.

Senada disampaikan, ASN lainnya yang juga engga ditulis namanya, mengungkapkan, sudah menjadi kebiasaan jika awal tahun gaji telat. “Pada puasa kalau di awal tahun begini,” ketusnya.Ditemui terpisah, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tangerang, Barhum mengatakan, berdasarkan informasi dari Kepala bagian (Kabag) Keuangan Setda Kabupaten Tangerang,

keterlambatan pembayaran gaji para ASN dan pegawai honor di lingkungan Pemkab Tangerang ini disebabkan akibat adanya sejumlah kepala OPD yang lambat mengajukan laporan pencairan anggaran kas kepada Pemkab Tangerang. “Seharusnya, ASN sudah paham atas kondisi keuangan di awal anggaran 2019,” kata Barhum.

Bila mengacu ke pengalaman tahun lalu, pencairan anggaran kepada para OPD baru dapat dilakukan jika para OPD telah memasukkan laporan anggaran kas dan uang persediaan (UP). Jika anggaran kas serta UP telah diajukan, maka pemkab akan langsung memprosesnya untuk dilakukan pencairan pembayaran yakni ganti uang (GU). "Jadi, setelah UP diajukan, maka pencairan anggaran dapat dilakukan. Dalam waktu dekat, informasinya anggaran pada seluruh OPD segera dicairkan," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Perencanaan dan Keuangan Setda Tangerang, M Rukman tidak banyak berkomentar, hanya memastikan gaji ASN dalam minggu ini akan dibayarakn. “Minggu ini dibayarkan,” singkatnya melalui telepon. (imron)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook