Saeful Ciptakan Alat Pendeteksi Gelombang

nurul roudhoh   |   Pandeglang  |   Kamis, 10 Januari 2019 - 11:32:57 WIB   |  dibaca: 113 kali
Saeful Ciptakan Alat Pendeteksi Gelombang

KREATIF : Camat Panimbang Suaedi Kurdiatna menyerahkan bantuan dana untuk pengembangan CCTV pemantau ketinggian gelombang, kemarin.

PANDEGLANG – Bencana tsunami Selat Sunda yang disebut-sebut datang tanpa ada peringatan di wilayah Pandeglang, membuat Saeful Bahri pemuda asal Kecamatan Panimbang terpacu menciptakan alat pendeteksi ketinggian gelombang. Dengan peralatan sederhana ini warga di pesisir Pantai Panimbang mengaku sangat terbantu dan tidak perlu bolak-balik ke pengungsian.

Kepada Banten Raya, Saeful Bahri mengatakan, pembuatan alat ini awalnya karena rasa khawatir tsunami datang lagi karena beberapa hari setelah tsunami gelombang terus naik turun dan membuat warga Panimbang sebagian besar mengungsi. “Saat itu para pemuda dan bapak-bapak ke TPI (tempat pelelangan ikan) mantau air laut yang tak menentu.

Karena basic saya bidang IT saya kepikiran membuat CCTV online yang bisa dipantau warga. Intinya, saya ngasih gambar ke warga yang ngungsi secara langsung. Alhamdulillah hasilnya bagus, ketinggian ombak bisa dipantau langsung dan kepanikan menurun saat itu,” jelasnya.

Sebelum ada CCTV ini kata Saeful, ketika ombak datang warga berlarian dan membuat suasana gaduh dan panik. Hal ini wajar lantaran dalam satu malam setiap 10 menit air kadang naik kadang turun. “Sekarang sudah banyak warga yang bisa mengakses CCTV di rumah masing-masing dan di tempat-tempat strategis. Mudah-mudahan saja ini bisa terus dipertahan dan menjadi semacam peringatan akan tsunami,” harapnya.

Salah seorang warga Panimbang Oka Hasan Laksana mengaku bangga karena ditengah bencana ada pemuda yang mampu menciptakan alat yang berguna. “Semenjak ada CCTV online kekhawatiran warga berkurang. Mereka bisa mengecek kondisi gelombang dari rumahnya masing-masing. Alat itu sangat membantu walapun terkendala peralatan karena harganya lumayan mahal,” kata Oka.

Atas kesepakatan warga, kata Oka, pihaknya membantu membeli alat tambahan dengan tujuan agar alat yang ada bisa diakses oleh lebih banyak warga. “Ada beberapa sumbangan uang yang diterima dan sudah kami serahkan ke pembuat alat itu. Mudah-mudahan bisa dimanfaatkan dengan baik sebagai antisipasi,” jelas pria yang juga Ketua Panwascam Panimbang ini.

Camat Panimbang Suaedi Kurdiatna membenarkan jika di beberapa titik di pantai Panimbang dilengkapi CCTV pendeteksi ketinggian gelombang. “Itu hasil karya pemuda kami dan cukup bermanfaat. Diharapkan bisa terus dikembangkan dan memberi peringatan dini,” kata camat. (muhaemin)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook