Mubalig Diimbau Sampaikan Pesan Menyejukan

nurul roudhoh   |   Metro Serang  |   Kamis, 10 Januari 2019 - 12:30:43 WIB   |  dibaca: 186 kali
Mubalig Diimbau Sampaikan Pesan Menyejukan

TEMPAT IBADAH : Sejumlah warga sedang berjalan menuju masjid di kawasan Pemkot Serang untuk beribadah, kemarin. Bako Mubin mengimbau tempat ibadah jangan dijadikan ajang pemecah belah umat oleh para mubalig.

SERANG- Badan Koordinasi Mubalig Indonesia (Bako Mubin) mengimbau kepada mubalig di Kota Serang untuk tidak mengumbar ceramah yang mengandung unsur provokasi. Terlebih saat pemilu 2019 ini, mubalig harus bisa membuat kondisi masyarakat sejuk.

Ketua Bako Mubin Provinsi Banten Hasanudin mengatakan, akan mencetak kader dakwah yang dapat menyejukan di lingkungan masyarakat. Ia mengaku sudah berkoordinasi dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Serang akan mencetak 200 ribu orang kader dakwah."Bako mubin akan adakan pelatihan mubalig di Kota Serang, mencetak kader da'i pembangunan. Se-Indonesia itu ada 200 ribu orang, ini sudah direspon oleh Pemkot Serang, semoga pelaksanaan pelatih nanti bisa lancar," katanya, kemarin.

Dalam pelatihan tersebut, kita akan latih para mubalig bisa menjadi khotib yang menyejukan dan tidak provokatif. "Karena, selama ini ada da'i yang ketika ceramah provokatif dan menjadi boomerang dan meresahkan masyarakat," ujarnya.

Adanya perkaderan dan pelatihan di Bako Mubin ini dimaksudkan mencegah gerakan-gerakan radikal. Da'i dari Bako Mubin ini harus memberikan pencerahan dan rasa aman. "Bukan memberikan provokator di masyarakat, termasuk mencergah timbulnya gerakan radikalisme," kata Hasanudin.Namun ia mengaku tidak melihat potensi gerakan radikalisme di Kota Serang. "Kalau pun ada, mudah-mudahan Bako Mubin bisa sedikit-sedikit mengatasinya dengan sebaik mungkin," ucapnya.

Dewan Pakar Bako Mubin Provinsi Banten Suhari mengatakan, mubalig adalah pekerjaan yang mengarahkan umat untuk berbuat amar ma'ruf nahi munkar. "Perlu penegakan yang baik, tapi kadang-kadang mubalig ada yang menyampaikan dengan nada tinggi tapi sebenarnya lembut hatinya cuma konotasinya yang keras," imbuhnya.

Dikatakannya, mubalig adalah sosok yang harus bisa menyejukkan pencerahan bukan menghakimi seseorang. "Bukan menuding, tapi mengajak kepada kebaikan dan mencegah kemunkaran, itu intinya," jelasnya.

Terpisah, Walikota Serang Syafrudin mengajak kepada para mubalig yang ada di Kota Serang untuk selalu memberikan kesegaran dalam melakukan ceramahnya. "Agar masyarakat tidak takut, berikan masyarakat ceramah yang sejuk," ucapnya singkat. (basyar)
 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook