Tebing Longsor Timpa Rumah Warga

nurul roudhoh   |   Lebak  |   Jumat, 11 Januari 2019 - 11:24:51 WIB   |  dibaca: 206 kali
Tebing Longsor Timpa Rumah Warga

JEBOL: Tim relawan BPBD Lebak mengidentifikasi tingkat kerusakan rumah akibat tanah longsor di Desa Cikatomas, Kecamatan Cilograng, Kamis (10/1).

RANGKASBITUNG- Tebing tanah setinggi  tiga meter longsor dan menimpa rumah milik Enjar dan Edi, warga Kampung Cihideung Dua RT 01 RW 01, Desa Cikatomas, Kecamatan Cilograng, Rabu (9/1) malam. Akibat bencana tersebut dapur rumah milik Enjar ambruk dan tembok kamar tidur milik Edi ambrol tertimpa material longsoran."Bencana longsor terjadi semalam (kemarin malam).

Beruntung tidak ada korban jiwa hanya saja sebanyak empat rumah kena imbas dua di antaranya rusak tertimpa material longsoran," kata Kasubag Umum dan Kepegawaian Kecamatan Cilograng Mochamad Yunus Ibrahim yang mengaku mendapatkan informasi bencana longsor dari aparatur desa dan warganya, Kamis (10/1).

Yunus mengungkapkan, hanya rumah Enjar dan Edi yang terkena logsor. Sedangkan rumah milik Omsiah dan Aep terancam longsor karena tebing tanah pada bagian samping rumahnya ambrol."Selain rumah, akses jalan rambat beton sepanjang 7 meter di Kampung Cihideung 2 ambrol. Hal sama terjadi pada akses jalan poros desa Kampung Cihideung-Ciseel yang rusak berat akibat tergerus Kali Cihideung," katanya.

M Yunus menuturkan, penyebab terjadinya longsor disebabkan kontur tanah labil dan berupa tebing. Ditambah hujan deras mengguyur wilayah Cilograng dan sekitarnya."Terkait kejadian bencana sudah kita laporkan kepada BPBD serta pihak terkait. Syukur alhamdulilah semua merespon, warga beserta aparatur desa beserta unsur Muspika Cilograng langsung meninjau lokasi dan tim dari BPBD melakukan pendataan," katanya.

Kepala Pelaksana Harian BPBD Kabupaten Lebak Kaprawi menuturkan, pihaknya telah menerima informasi dari warga. "Tim relawan BPBD sudah diterjunkan ke sana untuk melakukan identifikasi sekaligus pendataan. Untuk kemudian dilakukan penanganan lebih lanjut," katanya.

Kaprawi mengimbau kepada warga agar meningkatkan kewaspadaannya memasuki musim hujan. Terlebih pada wilayah berbukit dan bantaran sungai. "Rawan terjadi longsor karena memang kontur tanah labil," katanya.

Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Lebak Madlias menambahkan, selain di Desa Cikatomas, bencana longsor juga terjadi di Kampung Pasirpeteuy RT 02 RW 06, Desa Cijengkol, Kecamatan Cilograng. "Tembok penahan tanah dan dapur rumah milik Sudari (65) roboh akibat hujan deras," katanya.

Camat Cilograng Edi Sunaedi mengaku turut prihatin atas musibah bencana longsor menimpa warganya. "Upaya yang nanti dilakukan dalam mencegah longsor susulan digalakan kembali melalui penananaman pohon-pohon kayu penangkal tanah longsor. Kita ajukan ke bidang hutbun," katanya. (purnama)

 

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook