Bupati Ajak Relawan Bantu Dirikan Huntara

nurul roudhoh   |   Pandeglang  |   Jumat, 11 Januari 2019 - 11:26:28 WIB   |  dibaca: 159 kali
Bupati Ajak Relawan Bantu Dirikan Huntara

BERDIALOG : Bupati Pandeglang, Irna Narulita menerima kunjungan 13 lembaga relawan di posko terpadu tsunami Gedung Setda Pandeglang, Rabu (9/1).

PANDEGLANG - Bupati Irna Narulita mengajak para relawan yang sudah membantu mengevakuasi korban tsunami di Kabupaten Pandeglang bisa kembali membantu TNI dan pemerintah daerah untuk mendirikan huntara. Irna berharap proses pembangunan sekitar 1.071 unit huntara di beberapa kecamatan selesai sebelum tiga bulan. "Kami sudah mulai melakukan pemetaan pembangunan huntara.

Tenaganya dari TNI. Kalau ada relawan yang ingin membantu membangun huntara bisa selesai satu sampai dua bulan, para korban yang terdampak tsunami bisa segera tinggal di sana," harap Irna, saat menerima 13 lembaga relawan di posko terpadu tsunami Gedung Setda Pandeglang, Rabu (9/1).

Menurutnya, tenaga para relawan sangat dibutuhkan. Irna berterima kasih atas bantuan relawan yang sudah membantu korban tsunami. "Dari hari kedua mereka all-out membantu warga yang terdampak tsunami. Saya merasa takjub dan campur haru dari hari kedua mereka sudah meluncur ke Pandeglang, ada yang dari Banten, Papua, Lampung, Surabaya hingga Semarang mereka bersatu padu mengevakuasi korban baik membantu pelayanan kesehatan, logistik, psikisnya, trauma healingnya. Dengan keikhlasan enam bulan mereka akan tetap ada di Pandeglang," ungkapnya.

Irna menjelaskan, saat ini sejumlah lokasi sudah disasar untuk dijadikan sebagai huntara. Lahan tersebut merupakan milik pemerintah, namun ada pula lahan milik perorangan yang bersedia dipinjam pakaikan untuk pembangunan huntara. "Lahannya sudah siap baik itu dari pemerintah maupun perorangan. Sekarang huntara yang sedang dibangun di Kecamatan Sumur," jelasnya.

Selain huntara, kata Irna, pemerintah daerah sedang menyiapkan rumah tetap bagi korban tsunami. Dengan harapan, kedepan mereka tidak tinggal di kawasan pesisir pantai karena berbahaya. "Bangunan-bangunan yang hancur mulai dari yang rusak berat akan dibangun hunian tetap dengan merelokasi warga dari zona merah rawan bencana ketempat yang lebih aman," kata Irna.

Ketua Forum Zakat Wilayah Banten, Indah Prihanande menyambut baik pernyataan bupati. "Ibu bupati tadi menyampaikan bahwa tidak spesifik relawan untuk membantu huntara, tapi hanya memaparkan situasi terakhir kondisi pengungsi dan rumah yang hancur. Tanpa diminta sebetulnya sejak kejadian teman-teman sudah turun ke lapangan. Jadi kalau tenaga dan lain sebagainya sejak evakuasi para pengungsi hingga distribusi makanan-makanan sudah kita lakukan," ujarnya.

Dandim 0601 Pandeglang, Letkol Inf Fitriana Nur Heru Wibawa menegaskan, anggotanya sudah bergerak untuk melaksanakan pembangunan huntara yang tersebar di Kecamatan Carita, Labuan, Cigeulis, Panimbang, Pagelaran, Sukaresmi dan Sumur. "Sekitar 971 unit huntara akan kita bangun. Untuk huntara yang sudah dibangun baru di Kecamatan Sumur," tegasnya. (yanadi)

 

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook