Dana Desa Bisa Dipakai untuk Kebencanaan

nurul roudhoh   |   Pandeglang  |   Jumat, 11 Januari 2019 - 11:28:14 WIB   |  dibaca: 165 kali
Dana Desa Bisa Dipakai untuk Kebencanaan

BERIKAN KETERANGAN : Kepala DPMPD Pandeglang, Taufik Hidayat memberikan keterangan pers dana desa bisa digunakan untuk kebencanaan, Kamis (10/1).

PANDEGLANG - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Pandeglang ikut aktif dalam penyusunan rencana rehabilitasi dan rekonstruksi pasca bencana tsunami. Salah satunya melalui dana desa yang dapat dipakai membangun kembali bangunan kantor desa yang rusak diterjang tsunami.

Kepala DPMPD Pandeglang, Taufik Hidayat mengatakan, dana desa bisa dialokasikan untuk penanganan bencana alam seperti rehabilitasi kantor desa yang rusak karena bencana alam. Mengingat beberapa desa rawan terkena bencana. "Dari dana desa nanti bisa dialokasikan untuk penanganan bencana. Jadi nanti akan dikhususkan bagi desa yang rawan bencana, baik tsunami, longsor, dan gempa," kata Taufik, Kamis (10/1).

Dijelaskan Taufik, ada beberapa kantor desa yang rusak diterjang tsunami. Sehingga bencana itu mengingatkan pemerintah untuk memperhatikan dana penanganan bencana. "Aset desa yang kena tsunami gak ada, walau pun ada beberapa kantor desa yang terdampak yang tersebar di Kecamatan Carita, Labuan, Panimbang, dan Sumur. Tapi aset ini tidak seberapa parah, masih dalam posisi aman," imbuhnya.

Taufik belum dapat merinci secara spesifik anggaran penanganan bencana yang bersumber dari dana desa. Pasalnya, DPMPD perlu berkonsultasi dahulu dengan Kemendagri. "Dalam aturan Kemendagri tertulis cukup jelas soal item hal itu, nanti akan ditegaskan kembali dalam Perbup agar dalam pengaplikasiannya tidak sampai tumpang tindih dengan aturan lain. Apakah memang mengamankan area dengan skup yang kecil atau untuk tambahan pangan," katanya.

Perihal desa yang terdampak bencana tsunami, lanjut Taufik, pihak desa bisa mengajukan alokasi khusus tambahan dana desa. Kalaupun tidak teranggarkan tahun ini, nantinya bisa realisasikan pada APBD perubahan. "Jika ada desa yang terdampak, mereka juga bisa mengajukan alokasi khusus tambahan dana desa. Kalaupun tidak teranggarkan, bisa di perubahan," terangnya.

Sementara itu, anggota DPRD Pandeglang, Aminudin mengingatkan DPMPD Pandeglang untuk segera membuat aturan agar dana desa bisa digunakan untuk penanganan bencana alam. "Saya rasa sangat bagus, kalau dana desa selain dimanfaatkan untuk pembangunan desa, juga bisa digunakan untuk pos dana tak terduga. Seperti bantuan kepada warga jika terjadi bencana di desa-desa, tapi buat dulu aturannya dengan jelas," imbuhnya. (yanadi)

 

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook