Tertangkap, Maling Motor Diamuk Massa

nurul roudhoh   |   Hukum  |   Jumat, 11 Januari 2019 - 12:00:49 WIB   |  dibaca: 549 kali
Tertangkap, Maling Motor Diamuk Massa

BABAK BELUR : Pelaku pencurian sepeda motor di Jalan Bhayangkara sempat diamuk massa, Kamis (10/1) dini hari.

SERANG- Sugita (18) warga Lingkungan Terumbu, Kelurahan Kademangan, Kecamatan Kasemen, Kota Serang diamuk massa setelah aksinya mencuri motor, tertangkap basah oleh pemilik motor. Sugita adalah satu dari tiga orang pencuri motor Scoopy nopol A 4162 HA, di Lingkungan Bhayangkara Baru, Kelurahan Sumur Pecung, Kota Serang, Kamis (10/1).

Kejadian bermula ketika Suta, warga Lingkungan Bhayangkara Baru memarkirkan sepeda motornya di pinggir jalan depan Hotel Horizon. Dia kemudian meninggalkan motornya dan bercengkrama dengan petugas keamanan Showroom Mitsubitshi, sekitar pukul 01.10.

Mengetahui pemiliknya lengah, Sugita bersama dua orang komplotannya, Fadli dan Ipul, pun beraksi dengan menaiki sepeda motor dan menghampiri motor incarannya tersebut. Sugita dan Ipul menjadi eksekutor, sedangkan Fadli tetap di atas motornya. Setelah berhasil membongkar motor curian menggunakan kunci letter T, Sugita bergegas mengambil helm korban. Sedangkan Ipul mendorong motor Scoopy tersebut. Sebelum berhasil membawa kabur, Suta memergoki keduanya dan langsung meneriaki kedua pelaku maling.
 
Khawatir ditangkap warga, Sugita dan Ipul akhirnya meninggalkan motor curiannya dan kabur melarikan diri ke arah asrama Universitas Islam Negeri (UIN) Banten. Apes bagi Sugita, warga berhasil menangkapnya. Sedangkan Ipul berhasil melarikan diri.

Saksi mata Asep Firmansyah menjelaskan, saat kejadian dirinya lagi menonton televisi di asrama UIN Banten. Ketika dicek, warga sudah berkerumun menangkap satu orang yang diduga pencuri sepeda motor."Pelakunya sempat dihakimi dan diikat warga. Untung ada Pak RT, jadi pelaku bisa langsung diamankan," katanya kepada Banten Raya.

Menurut Asep, dari keterangan warga lainnya, pelaku lebih dari satu orang. Bahkan setelah berhasil menangkap 1 pelaku, warga masih mencari pelaku lainnya yang melarikan diri ke lingkungan asrama."Yang satunya kemungkinan lari ke sawah, tapi sudah dicari enggak ketemu," ujarnya.

Sementara itu, Kasatreskrim Polres Serang Kota AKP Ivan Adhitira mengatakan, anggotanya tengah mengejar dua orang pelaku lainnya yang berhasil melarikan diri. Sedangkan Sugita sudah ditahan."Mereka bertiga (Sugita, Ipul dan Fadli). Sebelum mencuri, ketiganya sempat nongkrong di Taman Ciruas sekitar pukul 20.00 sambil mencari motor incaran," katanya.

Menurut Ivan, pelaku pencurian akan dikenakan pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan, dan ancaman penjara minimal 7 tahun."Kita akan tindak tegas, para pelaku pencurian, karena sudah meresahkan masyarakat," ujarnya. (darjat)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook