Komitmen Wujudkan Arsiparis Yang Profesional

nurul roudhoh   |   Serang Raya  |   Jumat, 11 Januari 2019 - 12:29:41 WIB   |  dibaca: 84 kali
Komitmen Wujudkan Arsiparis Yang Profesional

SALING MENGUNTUNGKAN : Jajaran pengurus STIA LAN Jakarta berdiskusi dengan Wakil Bupati Serang Pandji Tirtayasa dan Sekda Pemkab Serang Tb Entus Mahmud Sahiri, Kamis (10/1).

SERANG - Seorang arsiparis tidak hanya sekedar bertugas menyusun arsip yang berserakan. Namun arsiparis juga harus mampu mencari dan menggali arsip yang otentik. Untuk itu diperlukan arsiparis yang profesional.

Jajaran pengurus Sekolah Tinggi Ilmu Adiministrasi (STIA) Lembaga Administrasi Negara (LAN) Jakarta berkunjung ke Pemkab Serang untuk membangun kerjasama terkait dengan pendidikan bagi arsiparis di lingkungan Pemkab Serang. Kedua belah pihak berkomitmen memfasilitasi aparatur sipil negara (ASN) untuk belajar kearsipan di STIA LAN Jakarta.

Kunjungan yang berlangsung pukul 10.00 WIB itu sebagai kunjungan balasan setelah sebelumnya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Serang berkunjung ke STIA LAN belum lama ini. “Ini kunjungan balasan karena sebelumnya kepala dinas pendidikan (Asep Nugrahajaya-red) berkunjung ke tempat kami,” kata Makhdum Priyatno, Ketua STIA LAN Jakarta, Kamis (10/1).

STIA LAN menilai Pemkab Serang memiliki kepedulian terhadap peningkatan kompetensi arsiparis dengan diutusnya Kepala Dindikbud Kabupaten Serang untuk membangun komunikasi dengan pihak STIA LAN terkait dengan pendidikan bagi arsiparis yang ada di Kabupaten Serang.  "Tapi untuk memulai kerjasama itu ada dua pendapat, pendapat pertama orang yang akan dikirim untuk belajar arsiparis, yaitu lulusan SMA, kemudian pendapat kedua ASN yang ada di lingkungan Pemkab Serang. Pak Wakil Bupati (Pandji Tirtayasa-red) bilang untuk tahap awal harus pegawai yang berstatus PNS dulu,” ujarnya.

Makhdum menuturkan, kebutuhan arsiparis untuk tingkat nasional sekitar 120 ribu orang, namun arsiparis yang memiliki keahlian masih sangat kurang hampir di seluruh kabupaten/kota indonesia. “Tugas dari seorang arsiparis itu bukan hanya merapikan arsip tapi mencari arsip Kabupaten Serang hingga ke luar negeri, seperti arsip Bendung Pamarayan yang katanya ada di Belanda,” paparnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Serang Pandji Tirtayasa menegaskan, Pemkab Serang membutuhkan seorang arsiparis yang siap melaksanakan tugas untuk memperkuat kinerja Pemkab Serang. “Untuk pertama kita kirim 10 orang ASN tahun ini untuk dididik menjadi tenaga arsiparis profesional. Mereka kita beri tunjangan pendidikan dan biaya pendidikan,” katanya. (TANJUNG)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook