Profil Data Kependudukan 2018 Disosialisasikan

nurul roudhoh   |   Lebak  |   Sabtu, 12 Januari 2019 - 11:16:28 WIB   |  dibaca: 89 kali
Profil Data Kependudukan 2018 Disosialisasikan

SOSIALISASI : Kepala DP2KBP3A Lebak Tajudin (berdiri) menYosialisaikan profil data kependudukan 2018 di Gedung PGRI, Jumat (11/1).

RANGKASBITUNG- Bidang Pengendalian Penduduk pada Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Lebak menggelar sosialisasi data penduduk tahun 2018 kepada 84 petugas lapangan keluarga berencana (PLKB) dari seluruh kecamatan di Lebak, Jumat (11/1). Kegiatan berlangsung di Gedung PGRI Rangkasbitung. Kepala DP2KBP3A Lebak Tajudin menjelaskan, sosialisasi bertujuan untuk bahan evaluasi program 2018, serta untuk persiapan pelaksanaan kegiatan tahun ini.

Karena kondisi capaian 2018 menjadi dasar pengambilan kebijakan pelaksanaan program dan kegiatan kependudukan, keluarga berencana, dan pembangunan keluarga (KKBPK) di 2019.
"Pemerintah melalui BKKBN (badan kependudukan dan keluarga berencana nasional) membuat rumusan kebijakan-kebijakan terkait kependudukan. Salah satunya adalah program pengendalian penduduk 2018 yang diperkuat dengan undang-undang RI nomor 52 tahun 2019 tentang perkembangan kependudukan dan pembangunan keluarga," ujar Tajudin.

Menurutnya, pada pasal 18 undang-undang tersebut secara jelas bertujuan melakukan pengendalian penduduk, yaitu tentang pengendalian kualitas penduduk dilakukan untuk melakukan keserasian, keselarasan dan keseimbangan antara jumlah penduduk dengan lingkungan hidup, baik yang  berupaya daya dukung alam maupun daya tampung lingkungan, serta kondisi perkembangan sosial ekonomi dan budayanya. “Sedangkan di pasal 20 disebutkan teknis pengendalian penduduk tersebut, yaitu untuk mewujudkan penduduk tumbuh seimbang dan keluarga berkuaitas,” katanya.

Tajudin menambahkan, berdasarkan hal tersebut bahwa semua rencana pembangunan perlu ditunjang dengan data jumlah penduduk, pesebaran, serta susunannya berdasarkan kelompok umur.“Data kependudukan pada KKBPK sangat diperlukan tetapi tidak hanya menyangkut keadaan pada waktu rencana itu disusun, melainkan juga informasi masa lampau dan lebih penting lagi proyeksi masa masa yang akan datang,” katanya.


Kepala Bidang Pengendalian Penduduk pada DP2KBP3A Lebak Dadan Juanda mengatakan, sosialisasi ini sengaja diberikan kepada para PLKB dengan tujuaan agar mereka bisa melakukan tugas untuk mendata sekaligus mampu mendorong program keluarga berkualitas di masing-masing wilayah tugasnya. “PLKB yang tersebar di seluruh kecamatan merupakan salah satu ujung tombak demi terciptanya keluarga berkualitas di Kabupaten Lebak,” kata Dadan. (hudaya)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook