Mahasiswa Unbaja Ciptakan Karbol dari Limbah

nurul roudhoh   |   Pendidikan  |   Sabtu, 12 Januari 2019 - 12:01:39 WIB   |  dibaca: 292 kali
Mahasiswa Unbaja Ciptakan Karbol dari Limbah

KREATIF : Tim PKM Kewirausahaan Universitas Banten Jaya foto bersama dengan karboling hasil ciptaannya, kemarin.

SERANG - Mahasiswa teknik lingkungan Unbaja yang tergabung dalam tim Pekan Kreatifitas Mahasiswa (PKM) Kewirausahaan, mampu menciptakan karboling dari campuran minyak jelantah dan kulit jeruk.

Tim PKM yang beranggotakan Irfan Alfandiana, Ita Solihati, Indra Afiyatna, Popy Kusmiyati, Ahlan Badrakaisha, merupakan bimbingan Fitriyah Dosen Teknik Lingkungan. Menurut Fitriyah, karboling merupakan karbol pembersih lantai yang bahannya berasal dari minyak jelantah, mengkudu dan kulit jeruk.

Fitriyah mengatakan, ide ini bermula ketika melihat banyaknya minyak jelantah yang dibuang begitu dan hanya menjadi. Jika dikonsumsi pun sangat potensial sebagai karsinogenik. Dengan melihat kondisi tersebut, mendorongnya untuk dapat mengolah minyak jelantah menjadi produk yang memiliki nilai manfaat."Saya ingin memanfaatkan limbah tersebut menjadi sesuatu yang bermanfaat, dan memiliki nilai ekonomis," kata Fitriyah, kemarin.


Lebih lanjut Fitriyah mengatakan, produk karboling ini telah diuji coba dan dibuktikan dapat membersihkan lantai dengan hasil yang sangat memuaskan. "Karboling ini sudah diuji cobakan, dan memiliki daya bersih yang memuaskan," ujarnya.

Senada disampaikan Irfan salah satu anggota PKM mengatakan, Karboling merupakan produk lanjutan dari praktikum mata kuliah Kimia Lingkungan. Menurutnya kualitas karbol pembersih lantai yang dibuatnya dapat membersihkan lantai dengan optimal."Hasil produksi kami lebih baik dan bisa bersaing dengan prodak di pasaran, dan harganya pun lebih terjangkau," kata Irfan.

Selain lebih berkualitas dan harga yang lebih terjangkau, lanjut Irfan, karboling ini juga ramah lingkungan, karena dibuat dari bahan yang aman bagi lingkungan. Sehingga produk ini juga merupakan upaya untuk dapat berkontribusi menyelamatkan bumi."Sebagai wujud rasa cinta terhadap lingkungan, maka prodak kami juga harus memperhatikan kesehatan lingkungan atau ramah lingkungan," ungkapnya.

Ia menambahkan, satu kemasan karboling dengan volume 800 mili liter dijual dengan harga harga Rp7.000. Jika masyarakat tertarik untuk mencobanya, silakan melakukan pemesan kepada Fitriyah di Kampus Unbaja."Saya berharap prodak kami bisa diterima pasar, dan konsumen puas dengan mutu karboling ini," harapnya. (satibi)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook