1.163 Napi Rutan Jambe Rekam E-KTP

nurul roudhoh   |   Metro Tangerang  |   Jumat, 18 Januari 2019 - 11:41:19 WIB   |  dibaca: 270 kali
1.163 Napi Rutan Jambe Rekam E-KTP

ANTRE: Petugas Disdukcapil Kabupaten Tangerang sedang melayani perekaman biodata warga binaan Rutan Kelas 1 Tangerang, Kamis (17/1).

KAB. TANGERANG - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tangerang dibantu petugas Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM (Dirjen PAS Kemenkum HAM) melakukan perekaman data kependudukan terhadap warga binaan di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Tangerang atau Rutan Jambe. Perekaman tersebut dilakukan untuk melindungi hak pilih meraka pada Pemilu 2019.

Plt Sekretaris Disdukcapil Kabupaten Tangerang, Aneng Sutarjo mengatakan, sampai saat ini sudah ada 1163 napi yang telah mengikuti perekaman data kependudukan. Menurut dia, perekaman akan dilaksanakan selama tiga hari. ”Sudah 1163 napi yang sudah melakukan perekaman,” kata Aneng kepada wartawan di sela perekaman, Kamis (17/1).

Perekaman tersebut juga atas permintaan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tangerang dan Dirjen PAS Kemenkum HAM yang bertugas di Rutan kelas 1 Tangerang. Itu dilakukan guna melengkapi data kependudukan warga binaan. ”Banyak warga binaan yang tidak memiliki NIK (Nomor Induk KTP red) dan NKK (Nomor Kartu Keluarga red),” ujarnya.

Aneng menambahkan, kegiatan perekaman kepada ribuan Napi ini  juga untuk menyukseskan Pemilu 2019 selain memang merupakan program dari dispendukcapil dan Dirjen PAS Kemenkum HAM guna menuntaskan perekaman e-KTP tahun ini. ”Intinya, kami dan petugas Dirjen PAS Kemenkum HAM memfasilitasi untuk para napi memberikan hak pilih pada Pemilu 2019,” imbuhnya.

Ketua KPU Kabupaten Tangerang, M Ali Zaenal Abidin menegaskan bahwa permintaannya untuk melakukan perekaman di Rutan Kelas I Tangerang mendapat respons positif dari dispendukcapil. ”Upaya menyukseskan Pemilu 2019 akan terus kami lakukan, termasuk validasi data pemilih,” kata pria yang akarab dipanggil Zenal ini.

Zenal menjelaskan, untuk di Rutan kelas 1 Tangerang atau Rutan Jambe. Tercatat berjumlah 1863 Daftar Pemilih Tetap (DPT). Sedangkan untuk domisili Kabupaten Tangerang sebanyak 476 orang. “Untuk TPS dan logistik, kami belum  menentukan. Nanti kami akan melakukan rapat internal terlebih dahulu. Yang pasti kami sudah memiliki gambaran,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Seksi (Kasi) Pengelolaan Rutas kelas 1 Tangerang Magribhi Putu Judhono menambahkan, pihaknya memberikan kesempatan kepada para warga binaan Rutan kelas 1 Tangerang untuk meyalurkan hak politik sebagai warga negara Indonesia. “Hak memilih bagi warga negara perlu mendapat perlindungan maksimal dari pemerintah.

Perlindungan dimaksud meliputi jaminan dan kepastian bahwa warga negara berhak turut serta dan berperan aktif dalam pesta demokrasi karena suara mereka juga sangat berpengaruh bagi arah masa depan bangsa Indonesia,” pungkasnya. (mg/imron).

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook