Komisi IV Kunjungi PT Cargill

nurul roudhoh   |   Serang Raya  |   Jumat, 18 Januari 2019 - 11:50:54 WIB   |  dibaca: 290 kali
Komisi IV Kunjungi PT Cargill

PENUHI ASPIRASI : Komisi IV DPRD Kabupaten Serang melakukan pengawasan ke PT Cargill Indonesia, belum lama ini.

SERANG – Komisi IV DRPD Kabupaten Serang melakukan sidak atau pengawasan ke PT Cargill Indonesia di Kecamatan Cikande. Pengawasan dilakukan setelah adanya pengaduan dari masyarakat sekitar perusahaan yang mengaku terganggu dengan limbah yang dihasilkan oleh perusahaan. Ke depan Komisi IV juga rutin melakukan sidak ke perusahaan yang terindikasi melakukan pelanggaran.

“Iya hari Rabu kemarin (16/1) kita melakukan pengawasan ke PT Gargill Indonesia. Jadi ada informasi dari masyarakat, makanya kita perlu mendatangi lokasi, yang diadukan masyarakat soal adanya kebocoran cerobong perusahaan, tapi waktu kita sidak sudah diperbaiki dan sudah bagus lagi,” kata Ubaidillah, anggota Komisi IV DPRD saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (17/1).

Ia menuturkan, berdasarkan pengakuan pihak perusahaan kebocoran yang terjadi langsung diperbaiki karena pihak perusahaan sedang mengejar proper hijau dalam pengelolaan lingkungan. “Sekarang ini katanya propernya masih biru, biru juga sudah bagus tapi belum sebagus hijau, tapi kan untuk mendapat proper hijau tidak mudah perlu upaya dan komitmen dari pihak perusahaan,” ujarnya.

Politisi PPP itu juga mengungkapkan, selain membahas pengelolaan limbah, pihaknya juga membahas terkait dengan tanggungjawab sosial perusahaan tersebut. “Kita mendorong agar CSR (corporate social responsibility) diberikan kepada masyarakat. Ternyata, PT Cargill ini sudah banyak membangun fasilitas sekolah, makanya kita minta perusahaan yang lain bisa mencontoh PT Cargill ini,” paparnya.

Ia menjelaskan, sidak yang dilakukan dalam rangka menjalankan fungsi pengawasan untuk membuktikan benar tidaknya apa yang menjadi keluhan masyarakat. “Terkait dengan perusahaan yang banyak menjadi keluhan masyarakat soal rekrutmen tenaga kerja dan dampak lingkungan seperti pencemaran limbah. Pelanggaran-pelanggaran itu yang menjadi perhatian kita,” tuturnya.

Untuk meningkatkan pengawasan tersebut, pihaknya mulai bulan depan akan lebih rutin lagi melakukan pengawasan dan menargetkan dalam satu hari bisa melakukan pengawasan terhadap tiga perusahaan. “Di dalam Kawasan Modern Cikande itu ada PT Pigeon Indonesia yang sudah bagus, kita ingin perusahaan yang lain mencontoh PT Pigeon dalam mengelola limbahnya,” katanya. (tanjung)

 

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook