Pedagang Elektronik Bakal Tempati Lantai Dua Pasar Blok F

nurul roudhoh   |   Metro Cilegon  |   Senin, 21 Januari 2019 - 11:15:27 WIB   |  dibaca: 237 kali
Pedagang Elektronik Bakal Tempati Lantai Dua Pasar Blok F

MASIH SEPI : Lantai dua Pasar Blok F yang berada di Kelurahan Ciwaduk, Kecamatan Cilegon, Minggu (20/1). Kondisi kios masih sepi dan belum terisi pedagang.

CILEGON - Hampir dua tahun tak ditempati pedagang setelah selesai direnovasi pada akhir 2016 lalu, lantai dua Pasar Blok F akan segera ditempati mulai 25 Januari 2019. Plaza Blok F tersebut untuk pedagang elektronik, fashion pakaian, kuliner, dan sejenisnya.

Pantauan Banten Raya, Minggu (20/1), lantai dua Pasar Blok F kondisinya masih sepi. Belum ada satu pedagang yang berjualan. Namun, sudah ada beberapa petugas kebersihan yang membersihkan bangunan yang terletak di kawasan Kavling Blok F, Kelurahan Ciwaduk, Kecamatan Cilegon tersebut.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Cilegon, Tb Dikrie Maulawardhana mengatakan, 72 kios telah disiapkan oleh pihaknya untuk 72 pedagang. “25 Januari 2019 pedagang sudah akan mulai ada yang mengisi kios di lantai dua Pasar Blok F. Kami akan launching pada 1 Februari 2019,” kata Dikrie-panggilan akrab Tb Dikrie Maulana, kemarin.

Ia menjelaskan, lantai dua Pasar Blok F disebut sebagai Plaza Blok F. Sebab, yang berjualan di lantai dua bukan barang-barang seperti di pasar tradisional pada umumnya. Sehingga, Pasar Blok F tersebut disebut sebagai pasar semi tradisional. “Yang akan jualan di lantai dua itu, yang jualannya elektronik, fashion pakaian, kuliner, dan sejenisnya hampir seperti mal tapi lebih mudah diakses berbagai kalangan,” paparnya.

Dikrie berharap, Pasar Blok F tersebut akan menjadi ramai. Ekonomi masyarakat di Pasar Blok F semakin tumbuh. “Nanti di lantai dua juga ada tempat kongkow dan permainan anak-anak, biar anak muda juga tertarik ke pasar,” ujarnya.

Terkait sewanya, Dikrie mengatakan, "Pedagang juga dikenakan biaya sewa Rp 300 ribu per bulan."Ditemui di Pasar Blok F, Kepala Unit Pelayanan Teknis Dinas (UPTD) Pasar Blok F, Mulyadi mengatakan, kemarin pihaknya sudah mulai membersihkan lantai dua Pasar Blok F. Selain 72 kios yang akan terisi pedagang, juga ada ditambah puluhan pedagang emparakan atau lapak. “Yang jualan di lantai atas itu barang-barang kering seperti Mal,” terangnya.

Menurut Mulyadi, jumlah pedagang yang berada di Pasar Blok F Kota Cilegon di lantai satu saat ini ada sekitar 400 pedagang. Padahal kapasitas mencapai 600 pedagang. “Di kios lantai satu juga masih ada yang belum terisi di beberapa blok,” tuturnya.

Lebih lanjut Mulyadi mengatakan, Pasar Blok F sendiri selesai direnovasi pada akhir 2016. Pasar yang baru tersebut terdiri dari dua lantai. Pedagang mulai berjualan kembali di Pasar Blok F pasca renovasi pada April 2017. “Untuk lantai satu saat itu terisi. Namun, lantai dua memang sempat kosong setelah selesai dibangun,” cetusnya.

Ia berharap, saat ini akan terus memperbaiki infrastruktur pasar. Agar pedagang dan pembeli nyaman ketika belanja di Pasar Blok F yang menjadi Pasar Rakyat. “Seperti saluran air juga sudah kami bersihkan dibantu swadaya pedagang, untuk mengantisipasi banjir,” kata Mulyadi. (gillang)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook