Tekan Angka Kecelakaan , Polda Gandeng Komunitas Otomotif

nurul roudhoh   |   Metro Serang  |   Senin, 21 Januari 2019 - 12:44:36 WIB   |  dibaca: 210 kali
Tekan Angka Kecelakaan , Polda Gandeng Komunitas Otomotif

KOMITMEN: Suasana kegiatan MRSF di Alun-alun Kota Serang, Sabtu (19/1) malam. Dalam acara itu, Ditlantas Polda Banten mengajak komunitas otomotif untuk berkomitmen tertib lalu lintas ketika berkendara.

SERANG- Ditrektorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Banten menggandeng komunitas otomotif roda dua dan empat untuk tertib lalu lintas di jalan raya. Hal itu dilakukan guna menekan angka kecelakaan lalu lintas di Banten yang terbilang masih tinggi.

Berdasarkan data yang diperoleh Banten Raya, angka kecelakaan Lalu Lintas di tahun 2018 mencapai 1.461 kejadian. Dari kejadian laka lantas tersebut, korban meninggal dunia sebanyak 690 orang. Sedangkan luka berat 195 orang, dan korban luka ringan sebanyak 1.628 orang.

Direktur Lalulintas (Dirlantas) Polda Banten Kombes Pol Wibowo mengatakan, program Millenial Road Safety Festival yang mengusung tema mewujudkan milenial cinta lalu lintas menuju Indonesia gemilang tersebut bertujuan untuk mengajak komunitas mobil dan motor menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas.

"Pokok dari kegiatan ini, bagaimana kepolisian ingin mengajak kaum milenial melalui komunitas otomotif untuk sama-sama mengenal aturan dan tata tertib lalu lintas. Impact-nya nanti menurunnya kecelakaan lalu lintas khususnya fasilitas korban meninggal dunia," katanya kepada Banten Raya saat kegiatan MRSF di alun-alun Kota Serang, Sabtu (19/1) malam.

Menurut Wibowo, komunitas otomotif baik mobil ataupun motor, memiliki peran strategis dalam menyosialisasikan pentingnya mengutamakan keselamatan dalam berkendara. Dari beberapa kajian dan evaluasi yang telah dilakukan kepolisian, ada empat faktor penyebab kecelakaan yakni, pengemudi, kendaraan, jalan dan cuaca.

"Terkait di jalan memang kita sadari tidak semua jalan di kita ini memenuhi standar dalam arti kata beraspal bagus dan mempunyai penerangan yang baik. Untuk itu kami mengajak minimal hati-hati untuk dirinya sendiri," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Banten Tb Roy Fachrulrozi Basuni mengatakan, turut mendukung program keselamatan berkendara yang digelar Ditlantas Polda Banten. Bahkan pada puncaknya kegiatan nanti pada 3 Maret 2019, pihaknya akan mengerahkan seluruh komunitas otomotif yang tersebar di 8 kabupaten/kota se-Provinsi Banten."IMI Banten mendukung penuh program keselamatan berkendara yang diinisiasi Korlantas ini. Kami akan menghadirkan seluruh komunitas otomotif yang ada di Banten," katanya.

Dalam kesempatan itu, Roy juga mengingatkan kepada seluruh komunitas yang hadir agar menaati rambu rambu lalu lintas serta tertib berkendara demi keselamatan diri sendiri dan juga orang lain. Tb Roy juga mengajak kepada komunitas untuk turut andil menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas."Lewat program Millenial Road Savety Festival ini, kami mengajak rekan-rekan komunitas otomotif untuk turut andil menjadi pelopor keselamatan," katanya. (darjat)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook