Relawan Demokrasi Harus Bisa Ngobrol

nurul roudhoh   |   Serang Raya  |   Selasa, 22 Januari 2019 - 14:29:41 WIB   |  dibaca: 192 kali
Relawan Demokrasi Harus Bisa Ngobrol

SIAP BEKERJA : Puluhan relawan demokrasi mengikuti bimtek yang diselenggarakan KPU Kabupaten Serang, di Le Dian Hotel, Kota Serang, Senin (2/1).

SERANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Serang mengukuhkan 55 orang relawan demokrasi (relasi) yang bertugas untuk membantu mensukseskan pemilu 2019. Selain dikukuhkan, para relasi juga langsung dibekali pengetahuan melalui bimbingan teknis (bimtek) kepemiluan terutama terkait dengan peningkatan partisipasi masyarakat dalam pemilu.

Ketua KPU Kabupaten Serang Abidin Nasyar mengatakan, pembekalan perlu diberikan terlebih dahulu kepada para relawan sebelum mereka terjun langsung ke lapangan sehingga para relawan dapat memahami tugas pokok dan fungsi (tupoksinya). “Kita sampaikan kepada mereka (relawan-red) bagaimana cara sosialisasi dan komunikasi kepada masyarakat,” kata Abidin.

Selain itu, para relawan juga harus memberikan kepada masyarakat akan pentingnya pemilu bagaimana cara menyalurkan hak suaranya saat berada di tempat pemungutan suara (TPS), dan juga berapa jumlah kertas suara yang harus dicoblos. “Pengetahuan dasar kepemiluan itu perlu mereka pahami, karena itu sangat penting bagi relawan sebelum turun ke lapangan untuk menjalankan tugasnya,” ujarnya.

Lebih lanjut, Abidin menuturkan, setelah diberi bimtek, para relawan harus melakukan sosialisasi ke basisnya masing-masing seperti basis pemuda, basis kaum difabel, basis ibu-ibu, basis komunitas, dan basis lainnya agar partisipasi pemilu di Kabupaten Serang sesuai target. “Tujuan utama dibentuknya relawan demokrasi ini karena kita menargetkan partisipasi pemilih di angka 80 persen,” paparnya.

Ia berharap, seluruh relawan demokrasi bisa menjalankan tugasnya dengan baik sehingga pemilu terutama di Kabupaten Serang bisa berjalan sesuai yang diharapkan. “Para relawan ini adalah orang-orang yang terpilih setelah melalui tahapan seleksi dan kita anggap mereka mampu melaksanakan tugas yang KPU Kabupaten Serang berikan,” tuturnya. (tanjung)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook