102 Pebalap Liar Diamankan

nurul roudhoh   |   Metro Serang  |   Senin, 28 Januari 2019 - 14:46:18 WIB   |  dibaca: 246 kali
102 Pebalap Liar Diamankan

NEKAT : Puluhan remaja di Kota Serang diamankan anggota Ditsamapta Polda Banten, Sabtu (27/1).

SERANG – Sebanyak 102 pebalap liar diamankan polisi saat sedang melakukan aksi balap liar di dua wilayah berbeda, yakni di Kota Serang sebanyak 60 pebalap, dan di Kabupaten Pandeglang sebanyak 42 pebalap. Tak hanya itu, polisi juga menyita 60 motor dimana 43 motor di Kota Serang, dan 15 motor di Pandeglang.

Di Kota Serang, penggerebekan aksi balap liar dilakukan oleh Direktorat Samapta Polda Banten di Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B), Kecamatan Curug. Kendaraan roda dua diangkut polisi karena tidak memiliki kelengkapan surat berkendara.

Kasubdit Gasum Polda Banten AKBP Nuril Huda Sofwan mengatakan, dari 60 pebalap yang diamankan di KP3B, satu orang di antaranya adalah perempuan. Mereka rata-rata berumur 17 sampai 21 tahun," katanya kepada Banten Raya, kemarin.

Selajutnya, puluhan remaja dan puluhan motor tersebut dibawa ke Polda Banten untuk dilakukan pendataan."Seluruh remaja yang terjaring dalam balapan liar diamankan ke Polda Banten untuk didata. Sedangkan motornya akan kita serahkan ke Ditlantas Polda Banten," ujarnya.

Menurut Nuril, sebelumnya pada Kamis (25/1) malam, sekitar pukul 23.00, pihaknya sempat memergoki kumpulan remaja yang diduga melakukan pesta miras oplosan di Perumahan Visenda, Kecamatan Kasemen, Kota Serang. "Untuk memberikan efek jera, supaya tidak mengulangi perbuatannya, kita mengguyur kepala mereka dengan tuak yang mereka minum, dan mereka juga kami perintahkan untuk push up, dan jongkok berdiri,” jelasnya.

Kabid Humas Polda Banten AKBP Edy Sumardi mengatakan, kegiatan patroli yang digelar Ditsamapta Polda Banten itu bertujuan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat di wilayah hukum Polda Banten."Pelaksanaan patroli ini untuk menciptakan rasa aman kepada seluruh masyarakat," katanya.

Sementara itu, aksi balap liar di Pandeglang dibubarkan Tim Badak Polres Pandeglang. Lokasi pertama yang didatangi Tim Badak pimpinan Kasat Lantas Polres Pandeglang AKP Tesyar Rifadli Prayitno adalah Jalan Raya Serang-Pandeglang, tepatnya di Kelurahan Cigadung. Tim patroli kemudian mendatangi wilayah Kadubanen dan Cipacung.

Setiap kali akan melakukan pengamanan, polisi sempat terlibat aksi kejar-kejaran dengan pelaku. Namun berkat kesiagapan petugas, pelaku balap liar akhirnya bisa diamankan. “Patroli ini menargetkan kepada individu atau kelompok masyarakat yang rentan gangguan Kamtibmas. Tujuannya mencegah gangguan Kamtibmas dan keamanan lainnya,” kata Tesyar.

Kapolres Pandeglang AKBP Indra Lutrianto menjelaskan, patroli gabungan merupakan upaya dalam menciptakan situasi aman di Kabupaten Pandeglang. “Para pelaku aksi balap liar didominasi  oleh remaja. Setelah dilakukan pembinaan dan pengarahan, mereka membuat surat pernyataan yang memuat pernyataan tidak akan mengulangi lagi perbuatannya,” kata Kapolres. (darjat/muhaemin)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook