Usulkan Normalisasi dan Pembangunan TPT Kali Ciberko

nurul roudhoh   |   Metro Cilegon  |   Selasa, 29 Januari 2019 - 12:11:21 WIB   |  dibaca: 188 kali
Usulkan Normalisasi dan Pembangunan TPT Kali Ciberko

SAMPAIKAN USULAN : Warga Kelurahan Kalitimbang antusias dalam memberikan masukan dan usulan dalam perencanaan pembangunan di Aula Kelurahan, Senin (28/1).

CILEGON – Menjadi wilayah langganan banjir setiap tahunnya, warga Kelurahan Kalitimbang, Kecamatan Cibeber mengusulkan adanya normalisasi dan pembangunan Tembok Penahan Tanah (TPT) di sepanjang Kali Ciberko.

Plt Lurah Kalitimbang, Muhammad Hatta menjelaskan, dengan adanya normalisasi kali dan pembanguan TPT diharapkan bisa meminimalisasi banjir ke pemukiman warga ketika musim hujan. Hal tersebut menjadi usulan yang atau kebutuhan yang diharapkan bisa terealiasi secepatnya.

“Ada kurang labih 300 meter panjangnya, harus dibangunkan TPT dan normalisasi kali, sehingga kali bisamenjadi dalam dan lebar, dan TPT bisa untuk antisipasi dinding sungai longsor atau tumbuhnya rumput liar yang dapat menghambat laju air,” katanya kepada wartawan usai menyampaikan sambutan dalam acara Musyawarah Rencana Pembangunan Kelurahan (Musrenbangkel), Senin (28/1).

Selain normaliasi dan pembangunan TPT, Hatta menjelaskan, ada dua jembatan disepanjang kali yang harus dilebarkan. Sebab, kondisi jembatan tersebut sempit dan mengakibatkan terhambatnya aliran air. “Kami inginya dua jembatan diperluas, dibongkar atau bagaimana caranya bisa lebih luas, sehingga aliran air bisa semakin lancar saat banjir,” jelasnya.

Hatta mengungkapkan, usulan lain dari warga adalah berupa peningkatan keahlian, baik dalam bidang ekonomi maupun bidang lainnya, sehingga sumber daya manusia (SDM) di Kelurahan Kalitimbang bisa bersaing dengan SDM lainnya. “Kami juga masih fokus untuk pembangunan SDM, sehingga pemberdayaan juga masih dimasukkan dalam usulan. Pembangunan manusia juga penting dan harus berimbang,” imbuhnya.

Sementara itu, Seklur Kalitimbang, Asep Muxayin menyampaikan, dalam usulan juga ada pemanfaatan dan penataan halaman belakang kelurahan. Nantinya halaman tersebut bisa menjadi tempat apel dan berbagai kegiatan outdoor lainnya. “Kami memiliki halaman yang luas, kami harap nanti bisa ditata dan di-paving block. Nanti bisa buat apel dan keperluan lainnya,” ungkapnya.

Camat Cibeber, Noviyogi Hermawan yang hadir dalam kesempatan tersebut, menyampaikan, untuk mengantisipasi banjir di wilayahnya, terutama Kelurahan Kalitimbang, sudah ada tandon yang siap dibangun oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kota Cilegon. “Ada tandon juga nanti di Kelurahan Bulakan, jadi nantinya debit air yang mengalair akan bisa dikendalikan,” imbuhnya. (uri)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook