Daftar Tunggu Haji Capai 12 Ribu Orang

nurul roudhoh   |   Lebak  |   Selasa, 29 Januari 2019 - 12:28:19 WIB   |  dibaca: 650 kali
Daftar Tunggu Haji Capai 12 Ribu Orang

DAFTAR TUNGGU HAJI: Kepala Seksi Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umroh Kemenag Lebak Humaedi Hakim (tengah) memberikan penjelasan tentang keberangkatan haji di ruang kerjanya, Senin (28/1).

RANGKASBITUNG- Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Lebak mencatat sebanyak 12.432 orang masuk daftar tunggu keberangkatan haji. Jumlah tersebut berdasarkan data calon jamaah haji yang sudah terinput di Kantor Kemenag."Daftar tunggu haji sampai tahun 2019 ini sudah 12.432 orang. Sebanyak 602 di antaranya akan diberangkatkan tahun ini," kata Kepala Seksi Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umroh Kemenag Lebak Humaedi Hakim kepada Banten Raya, Senin (28/1).

Menurutnya, data calon jamaah haji berangkat 2019 sesuai waiting list (daftar tunggu). Namun belum menjadi data pasti karena masih dalam pengelolaan pusat. "Itu baru data awal sesuai waiting list belum di SK kan secara resmi. Kita melangkah berdasarkan edaran instruksi dari bidang haji dan umroh di pusat, kanwil dan pimpinan," katanya.

Humaedi menegaskan, terkait proses keberangkatan haji pihaknya siap melayani bukan dilayani. Termasuk usulan percepatan keberangkatan calon jamaah haji sudah usia lanjut. "Bagi calon lansia yang berusia minimal 75 tahun dipersilakan mengajukan kepada penyelenggara haji. Terkait proses keberangkatan, alurnya berkoordinasi ke kanwil, nanti keputusan akhirnya oleh pusat karena disesuaikan ketersediaan kuota haji," katanya.

Menurut Humaedi, seuai alurnya persyaratan calon haji lansia minta percepatan keberangkatan di antaranya sudah berusia minimal 75 tahun dan sudah melakukan pendaftaran tiga tahun.
"Jika sudah memenuhi syarat maka dilanjutkan pemberkasan data diri. Silakan mengajukan kami siap melayani, namun keputusan keberangkatan menjadi kewenangan pusat setelah melalui proses perankingan dari jumlah lansia yang masuk daftar tunggu keberangkatan haji," katanya.

Humaedi mengatakan, pada saat ini proses pendaftaran haji sangat mudah. Syaratnya cukup bawa KTP dan uang sebesar Rp 25,5 juta. "Kalau untuk berkas lain bisa menyusul. Jika mau mendaftar bisa datang ke sini maupun kantor cabang dan unit BRI dan Bank Mega Syariah," katanya.

Sementara ini, baru bank Mega Syariah yang sudah menjalin kerjasama dalam proses pelayanan pendaftaran haji. "Tidak menutup kemungkinan  bisa dilakukan dengan pihak bank lain. Karena ini bagian dari pelayanan maka kami tidak menutup kemungkinan membuka kerjasama dengan pihak bank lain demi kemudahan proses pembayaran calon jamaah haji," katanya.

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Lebak H Akhmad Tohawi menuturkan, waktu tunggu keberangkatan calon jamaah haji warga Lebak sampai 19 tahun "Menunggu sampai 19 tahun ini bagi calon jamaah yang mendaftar pada Agustus 2018 lalu. Tidak menutup kemungkinan waktu tunggu akan tambah satu tahun lagi, seiring bertambahnya jumlah warga yang mendaftar haji," katanya.

Kemenag menambahkan, jumlah pendaftar haji di tahun 2019 dinilai akan mengalami peningkatan seiring dipermudahnya pelayanan pendaftaran haji."Untuk daftar haji warga tinggal bawa KTP dan uang senilai Rp 25,5 juta, lalu tinggal datangi kantor Kemenag Lebak, Siskohat Malingping maupun kantor cabang Bank BRI," katanya. (purnama)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook