Belum Panen, Sudah Banyak yang Pesan

nurul roudhoh   |   Pandeglang  |   Selasa, 29 Januari 2019 - 12:31:43 WIB   |  dibaca: 12096 kali
Belum Panen, Sudah Banyak yang Pesan

TEBAR BENIH : Pimpinan beserta guru Ponpes Modern Daar El-Falaah Mandalawangi bersama Kepala Dinas Perikanan Pandeglang, Wowon Dirman menebar 36 ribu benih ikan lele sistem bioflok, Senin (28/1).

MANDALAWANGI - Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) diminta untuk menampung dan membeli hasil budidaya ikan air tawar yang dikelola kelompok masyarakat maupun pondok pesantren (Ponpes). Demikian disampaikan Kepala Dinas Perikanan Pandeglang Wowon Dirman dalam acara penebaran 36 ribu benih ikan lele sistem bioflok di Ponpes Modern Daar El-Falaah, Kecamatan Mandalawangi, Senin (28/1).

Wowon menyebutkan, saat ini yang menampung budidaya ikan air tawar belum ada yang khusus, namun masih dibeli oleh tengkulak. Sehingga diharapkan kedepan BUMDes bisa membelinya maupun menyediakan pakan ikan. "Nanti kami akan coba menyarankan BUMDes untuk membeli ikan lele, nila maupun emas agar ikan air tawar yang dikelola bisa terus meningkat," jelasnya.

Penanggung jawab budidaya benih ikan lele yang juga guru Ponpes Modern Daar El-Falaah, Sukran mengatakan, untuk benih ikan lele yang dibudidaya sudah ada yang siap menampung, meski pembelinya tengkulak. "Pemasok ikan lele di Banten memang masih kurang. Sebelum panen pun sebetulnya sudah ada bandar yang datang ke sini untuk memesan agar tidak dijual kepada yang lain," ujarnya.

Menurutnya, santriwati selain diajarkan ilmu keagamaan juga dilatih dalam melakukan budidaya ikan lele. "Kita mendapatkan bantuan budidaya ikan lele ini dari pemerintah. Untuk itu, kita maksimalkan dengan memberikan pelatihan kepada santriwati agar pada saat nanti setelah mereka keluar dari sini bisa mempraktikannya dan bisa mandiri," katanya.

Pengasuh Ponpes Modern Daar El-Falaah, KH Humaedi Latief mengatakan, budidaya ikan lele yang dikembangkan diharapkan selain dapat meningkatkan perekonomian ponpes, akan diajarkan kepada para santriwati. "Ini merupakan suatu anugrah bagi kami. Selain untuk kemandirian ekonomi, mudah-mudahan dapat berkembang dan para santriwati juga bisa lebih terampil dalam budidaya ikan lele," harapnya. (yanadi)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook