Teguh Menjaga Integritas, Memimpin dengan Keteladanan

nurul roudhoh   |   Bisnis  |   Kamis, 31 Januari 2019 - 14:36:36 WIB   |  dibaca: 477 kali
Teguh Menjaga Integritas, Memimpin dengan Keteladanan

KOMPAK : Teguh Purwanto (batik tengah) bersama tim Kanwil BPJS Ketenagakerjaan Provinsi Banten.

Di bawah kepemimpinan Teguh Purwanto, BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Banten berkembang mengagumkan baik dari sisi kepesertaan maupun dari sisi pelayanan. Tapi tahukah jika menjadi leader atau pemimpin itu bukan persoalan yang mudah.

Teguh pun memberikan kuncinya. Salah satu hal yang ia pegang teguh selama berkarir adalah memberikan teladan dan contoh yang baik bagi rekan-rekannya, terutama kepada bawahannya, di luar kecakapan yang ia punya.

Teguh bercerita bahwa saat memimpin BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Banten tahun 2017, pertama kali yang ia lakukan adalah membangun tim kerja yang solid dan saling memahami satu sama lain. “Team building itu salah satu esensial untuk membentuk satu tim yang kuat. Dengan tim yang kuat maka seberapapun target dan challenge (tantangan) yang diberikan Insya Allah bisa kita capai dengan upaya kita yang maksimal dan kerjasama yang kuat,” kata Teguh.

Dan membangun tim yang kuat tersebut juga bukan hal mudah. Banyak tantangan yang harus ia hadapi dan sikapi secara bijak sebagai seorang pemimpin. Apalagi, kata Teguh, organisasi yang ia pimpian saat ini merupakan kumpulan individu dengan berbagai latar belakang yang memiliki karakteristik berbeda-beda, serta sekitar 70 persen karyawannya berasal dari kalangan generasi milenial.

“Makanya dalam memimpin ini saya mengedapankan leadership. Saya leading by example (memimpin dengan keteladanan). Artinya kita kalau ingin membangun tim yang kuat, kepemimpinan itu harus menjadi tauladan bagi timnya,” katanya.

Adapun salah satu kebiasaan kecil yang Teguh contohkan kepada staf di bawahnya adalah dengan datang tepat waktu ke kantor. “Gak bisalah kalau kita ingin temen-temen kita, tim kita, bekerja maksimal dan tepat waktu kalau kita sendiri tidak mencontohkan.

Saya buktikan, setiap hari datang ke kantor termasuk yang paling pagi kalau untuk di kanwil (Kanwil BPJS Ketenagakerjaan Banten. Termasuk kalau saya sidak ke cabang saya bisa datang jam 7.00 wib atau jam 06.30 sudah ada di ruangan. Jadi budaya-budaya seperti itu leading by example. Kalau pimpinan itu harus punya contoh teladan bagi timnya,” katanya.

Bahkan lanjut Teguh, kepemimpinan yang mampu memberikan contoh yang baik dapat menjadi role model bagi bawahannya bekerja dalam mencapai visi misi perusahaan. “Kepemimpinan itu menjadi role model bagi tim, termasuk katakanlah kita bekerja agar optimal, ya kita contohkan kita bekerja optimal dan sungguh-sungguh, tidak main-main,” katanya.

Tidak hanya itu, hal lain yang ia contohkan yakni membangun budaya integritas yang solid di seluruh jajaran pegawai BPJS Ketenagakerjaan. “Saya juga membangun budaya integritas yang solid, bagus, dan saya tidak mentolerir penyimpangan integritas itu. Jadi kalau kita bicara good governance salah satu indikasinya itu bicara integritas dan itu menjadi satu hal yang esensial bagi kita,” katanya.

“Saya mencontohkan, saya tidak akan pernah bermain dengan masalah integritas seperti itu. Contoh katakanlah ada proyek. Saya bilang jangan pernah memberi kami gratifikasi. Saya tidak mau itu terjadi di dalam tim saya, dan saya katakan ke siapapun pemenang tender ataupun peserta tender, bahwa saya tidak mau adanya gratifikasi dalam setiap proyek,” sambung Teguh.

Integritas bagi Teguh merupakan hal mendasar yang harus dipegang kuat oleh siapapun, utamanya seorang pemimpin. “Integritas adalah hal fundamental yang paling esensial dan mendasar bagi kita. Karena dengan integritas yang bagus maka kita akan kerja optimal.

Apalagi kami bekerja di BPJS ini digaji dari kaum buruh, dari iuran peserta, persentase tertentu diberikan untuk biaya operasional, termasuk untuk gaji karyawan. Alangkah tragisnya kita, zolim ke peserta kalau kita tidak bisa mengemban amanah itu dengan baik. Ya salah satunya itu menjaga integritas itu sendiri,” katanya. (ismet)

 

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook