Puluhan Petugas Lapas Jalani Tes Urine

nurul roudhoh   |   Lebak  |   Rabu, 06 Februari 2019 - 11:34:53 WIB   |  dibaca: 277 kali
Puluhan Petugas Lapas Jalani Tes Urine

TAK MAU KECOLONGAN : Kepala Rutan Rangkasbitung Aliandra Harahap (kiri) mengecek hasil tes urine anak buahnya, Senin (4/2).

RANGKASBITUNG - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Banten melaksanakan tes urine terhadap puluhan petugas Rumah Tahanan (Rutan) Klas II B Rangkasbitung, Senin (4/2). Pelaksanaan tes urine disaksikan Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkum HAM Banten Taufiqurrahman.

"Langkah ini sebagai tindak lanjut serius terhadap instruksi Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM RI terkait peristiwa ditemukannya peredaran narkotika yang turut dikendalikan oleh narapidana di wilayah Sumatera. Kita langsung gerak yang tentunya bukan hanya simbolis semata tapi ini progresif dan berkelanjutan," kata Taufiq di sela-sela tes urine.

Menurutnya, pelaksanaan tes urine tidak hanya di Rangkasbitung tetapi di seluruh rutan dan lapas yang ada di Banten. Selain tes urine, pihaknya juga mengintensifkan penggeledahan di ruang tahanan. "Periksa semua arus tamu dan petugas yang keluar masuk rutan dan larang handphone berada di blok steril. Intinya kita serius dalam gerakan pemberantasan narkoba. Jika ada petugas yang macam-macam, kita akan berhentikan," katanya.

Taufiq tak mau ada petugas di wilayah hukum Banten yang terlibat peredaran narkoba. "Daripada harus saya berhentikan lebih baik jauhi.  Bukan saja jauhi, dipikirkan untuk macam-macam dengan narkoba saja jangan apalagi untuk terlibat," katanya.Taufik meminta, petugas lapas jangan main-main dengan narkoba. "Insya Allah kita bekerja akan baik-baik saja," katanya.

Kepala Rutan Rangkasbitung Aliandra Harahap menuturkan, ia dan jajarannya siap mengimplementasikan apa yang diperintahkan pimpinan. "Intinya kami siap, sebelum ada instruksi ini, memang tes urine ini sudah menjadi agenda. Termasuk kegiatan sidak dan pemeriksaan tamu dan arus keluar masuk sudah dilaksanakan di Rutan Rangkasbitung. Akan tetapi kami akan lebih massif lagi," katanya.

Aliandra menyatakan komitmen terhadap pemberantasan narkotika. "Bagi petugas yang melanggar dan bertindak macam-macam akan kita tindak. Syukur alhamdulilah hasil tes urine sudah diketahui dan hasilnya semua negatif," katanya. (purnama)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook