Manfaatkan Lahan, Gagas Eleven Farm

nurul roudhoh   |   Metro Serang  |   Kamis, 07 Februari 2019 - 11:46:22 WIB   |  dibaca: 116 kali
Manfaatkan Lahan, Gagas Eleven Farm

ANGGREK: Sejumlah warga RW 11 Perumnas Ciracas menunjukkan hasil budidaya tanaman anggrek di salah satu rumah warga di Lingkungan RW 11 Blok B Perumnas Ciracas, Kota Serang, Selasa (4/2).

KOTA SERANG - Lahan pekarangan rumah masih belum dimanfaatkan sepenuhnya oleh warga. Oleh karenanya tak sedikit pula lahan pekarangan rumah yang tidak terpakai menjadi mubajir. Namun pemandangan berbeda terlihat di Lingkungan RW 11 Blok B Perumahan Nasional (Perumnas) Ciracas, Kelurahan Serang, Kecamatan Serang, Kota Serang. Seperti apa pemanfaatannya?

Selasa (5/2) pagi sekitar pukul 08.00, Sumardi tengah sibuk membantu warganya menyirami tanaman yang berada di lahan pekarangan rumahnya. Hampir semua jenis tanaman ada di rumahnya mulai dari tanaman sayuran, buah-buahan, hingga tanaman pohon keras seperti pohon sawo durian, dan lainnya tumbuh tinggi menjulang.

Ketua RW 11 Blok B komplek Perumnas, Sumardi mengatakan, pemanfaatan lahan untuk tanaman digagas berawal dari masing-masing hobi warga di sela kesibukan warganya dalam memanfaatkan lahan pekarangan rumahnya.

“Sebetulnya semua ini hobi dari setiap warga, di sela kesibukan sehari-hari kita sempatkan menanam, sambil nyari keringat, kan lumayan. Berangkat dari situ akhirnya kami sepakat untuk menamai kelompok ini dengan sebutan Eleven Farm, tak lain karena dari RW 11,” kata Sumardi mengawali perbincangan dengan Banten Raya.

Ia menyebutikan, pemanfaatan lahan kosong rumah di lingkungannya tersebar di empat RT mulai dari RT 1 sampai 4. Adapun untuk fokus kegiatannya yakni pertanian dan perikanan. “Kalau pertanian di antaranya budidaya tanaman hydroponik seperti sayuran sawi, bayam, kangkung, cabai, dan lainnya. Ada pula yang menanam jamur tiram, bumbu dapur, angrek-anggrekan, sampai budidaya ikan lele dan nila,” sebut dia.

Sumardi menuturkan, untuk sementara hasil dari pemanfaatan lahan tersebut masih sekedar untuk konsumsi sendiri, namun ke depan harapannya untuk dipasarkan. “Untuk saat ini hasilnya masih untuk konsumsi sendiri, kalau sudah terpenuhi dan ada lebihnya baru nanti dijual keluar,” tutur dia.

Meski begitu, Sumardi berharap ke depan RW 11 Blok B Perumnas Ciracas akan menggagas kampong produktif. “Tapi kan masih butuh 4 sampai 5 tahun untuk bisa mencapainya. Saat ini kita fokus pemenuhan konsumsi pribadi saja dulu, belajar membuat kompos dan buat inovasi-inovasi terbaru,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua RT 1 Blok B Perumnas Ciracas Andi Jumhani mengaku dirinya sangat mendukung dengan gagasan kelompok Eleven Farm. Menurutnya, kegiatan tersebut selain menjaga kebersihan lingkungan pun dapat memperat persaudaraan antar warga Perumnas Ciracas. “Alhamdulillah dengan adanya kegiatan-kegiatan positif ini silaturahmi antar warga terawat. Kami juga jadi sering berkumpul di hari-hari libur, sambil tukar ide dan bacakan,” ujar Andi. (Harir Baldan)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook