Antisipasi DBD Pemkot Libatkan 5.395 Kader Kesehatan

nurul roudhoh   |   Metro Tangerang  |   Kamis, 07 Februari 2019 - 12:04:47 WIB   |  dibaca: 121 kali
Antisipasi DBD Pemkot Libatkan 5.395 Kader Kesehatan

WASPADA DBD : Petugas mencari sarang nyamuk aedes aegepty di tumpukan sampah di lingkungan pemukiman warga, kemarin.

KOTA TANGERANG - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang melibatkan kader kesehatan dalam program Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN). Upaya itu dalam rangka pencegahan penyakit demam berdarah dengue (DBD).

Kepala Dinkes Kota Tangerang, dr Liza Puspadewi mengatakan, program PSN di lingkungan permukiman akan melibatkan sebanyak 5.395 kader dari 1079 Posyandu yang tersebar di seluruh Kota Tangerang. Setiap kader diberikan target mengunjungi 10 rumah perharinya. "Kegiatan ini bagian dari Gebrak 4M Plus yang dilaksanakan selama 4 hari dari tanggal 4-7 Februari 2019," ujarnya.

Setelah melakukan pemantauan jentik nyamuk maka guna mempercepat pelaporan, kader akan mengirimkan data melalui pesan Whatsapp. Nantinya diketahui jumlah rumah dan jumlah yang positif terdapat jentik."Data yang diterima akan ditindaklanjuti ke Puskesmas untuk melakukan langkah antisipasi DBD," kata dia.

Pihaknya juga mengajak partisipasi masyarakat dengan melaporkan kondisi lingkungan ataupun adanya kejadian DBD kepada puskesmas terdekat. "Nantinya tenaga kesehatan yang terdiri dari promkes, kesehatan lingkungan (kesling) dan surveilance akan terjun ke wilayah," tegasnya.

Dinkes juga menyiapkan program Siminda, yakni Aksi Eliminasi Demam Berdarah Dengue melalui bulan Gerakan Bersama Aksi Pemberantasan Sarang Nyamuk (Gebrak PSN) 4M Plus.
dr Liza mengatakan, Gebrak PSN 4M plus dimulai pada 26 Januari sampai dengan 28 Februari 2019 dengan sasaran lingkungan permukiman, sekolah, perkantoran, dan sarana umum.

Kegiatan meliputi pemberantasan sarang nyamuk dengan 4M, yaitu memantau jentik nyamuk, menguras atau menyikat tempat penampungan air, dan menutup penampungan air, serta memanfaatkan atau mendaur ulang barang bekas yang dapat menampung air hujan."Kalau sebelumnya 3M, sekarang sudah 4M Plus. Warga diimbau tidak mengubur barang bekas namun dimemanfaatkan untuk didaur ulang," ujar Liza.

Dia menambahkan, plus yang dimaksud menghindari gigitan nyamuk meliputi melakukan larvasida, memelihara ikan di penampungan air, penggunaan anti nyamuk, penggunaan kelambu dan lainnya.

Selain itu kegiatan Gebrak PSN 4M juga akan memberikan edukasi pencegahan DBD, pemberian larvasida serta kegiatan Sapa sehat dengan tema pencegahan DBD."Sapa sehat diadakan setiap Jumat di seluruh Puskesmas di Kota Tangerang, Tema ditekankan terkait pencegahan DBD," ujarnya. (*/marjuki)

 

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook