Belasan Rumah Rusak Dihantam Puting Beliung

nurul roudhoh   |   Pandeglang  |   Kamis, 07 Februari 2019 - 12:16:53 WIB   |  dibaca: 243 kali
Belasan Rumah Rusak Dihantam Puting Beliung

RUSAK : Kondisi rumah warga Kampung Cigondang, Kecamatan Labuan yang rusak diterpa angin puting beliung, Rabu (6/2).

LABUAN - Belasan rumah warga Kampung Cigondang, Desa Cigondang, Kecamatan Labuan rusak usai diterjang bencana angin puting beliung, Rabu (6/2). Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, hanya saja warga sempat dilanda kepanikan.

Nurhayati, warga Kampung Cigondang mengatakan, angin puting beliung terjadi sekitar pukul 08.30 WIB. Saat kejadian, dia sedang berada di dalam rumah bersama anaknya. "Waktu kejadian kan kampung kami hujan tuh, gak lama suara angin bergemuruh. Warga pada berteriak ada angin puting beliung. Saya kan kaget, langsung bawa anak keluar rumah untuk menyelamatkan diri, tapi alhamdulilah rumah saya gak apa-apa hanya gentengnya saja yang rusak," kata Nurhayati, ditemui saat membereskan rumahnya yang rusak, kemarin.

Camat Labuan Atep Purnama mengatakan, pihaknya sudah meninjau lokasi bencana. Atep langsung berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Sosial (Dinsos) Pandeglang untuk pemberian bantuan. "Sudah kami tinjau. Kami juga sudah berkomunikasi dengan dinas terkait untuk memberikan bantuan kepada korban," kata Atep.

Tim Reaksi Cepat BPBD Pandeglang Ade Mulyana menjelaskan, dari hasil pendataan sementara, bencana puting beliung tersebut mengakibatkan belasan rumah warga rusak berat hingga ringan. "Puting beliung ini memang menerjang dua kampung di Cigondang. Untuk data sementara di Cigondang Tengah ada 15 rumah dan 1 sarana olahraga rusak ringan, dan 2 rumah rusak berat. Sementara untuk Cigondang Kramat ada 14 rumah rusak ringan dan 3 rumah rusak berat," jelasnya.

Ade mengaku masih berada di lokasi kejadian melakukan pemantauan dan membantu warga membereskan puing-puing reruntuhan bangunan yang terkena puting beliung. "Gak ada korban, warga pada selamat. Saat ini kami bersama warga sedang gotong royong membersihkan rumah yang rusak ringan, seperti genteng dan atapnya rusak dan ada juga pohon yang roboh," imbuhnya.

Kasi Pemadam Kebakaran, Kedaruratan, dan Logistik BPBD Pandeglang Endan Permana membenarkan, adanya bencana alam berupa angin puting beliung. Endan mengaku sudah menerjunkan petugas untuk mengkoordinasikan dengan pihak kecamatan hingga pendataan guna mempersiapkan pengiriman bantuan untuk korban. "Petugas sudah ada di lapangan, nanti kita juga akan kirim bantuan," ungkapnya.

Endan belum bisa menjelaskan berapa jumlah kerugian atas bencana puting beliung yang menimpa rumah warga Kecamatan Labuan. Hingga saat ini jajarannya masih melakukan pendataan. "Belum ada, masih kita data. Kalau datanya sudah ada nanti kami beritahukan," ujarnya. (yanadi)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook