Pejabat Pemprov Digembleng Kopassus

nurul roudhoh   |   Metro Serang  |   Kamis, 07 Februari 2019 - 12:23:01 WIB   |  dibaca: 144 kali
Pejabat Pemprov Digembleng Kopassus

NGERI-NGERI SEDAP : Para pejabat eselon II dan III berbaris sebelum menerima materi dari instruktur.

SERANG – Sebanyak 48 pejabat eselon II dan III di lingkup Pemprov Banten menjalani pendidikan dan pelatihan (diklat) di Markas Grup 1 Korps Pasukan Khusus (Kopassus) pada Rabu hingga Jumat (6-8/2). Penggemblengan dilakukan untuk peningkatan kapasitas kepribadian dan disiplin para abdi negara.

Gubernur Banten Wahidin Halim mengatakan, diklat di Grup 1 Kopassus untuk kali pertama ini diarahkan kepada pejabat eselon II dan III. Dia menginginkan jajarannya memiliki wawasan bernegara yang kuat.“Untuk diklat selama tiga hari, nanti kita lanjutkan lagi pada bulan yang akan datang. Ini dalam rangka kesadaran bernegara, kesadaran berbangsa,” ujar pria yang akrab disapa WH di Sekretariat DPRD Provinsi Banten, KP3B, Kecamatan Curug, Kota Serang, Rabu (6/2).

Mantan Camat Tigaraksa, Kabupaten Tangerang itu menuturkan, tujuan utama dari penggemblengan di Markas Grup 1 Kopassus adalah dalam rangka peningkatan disiplin. Meski diakuinya, tingkat disiplin di pemprov sudah cukup baik namun WH ingin menanamkan pola pikir agar jajarannya selalu memiliki tekad yang kuat.“Walaupun sekarang sudah cukup disiplin karena sehari-hari kita setiap hari dengan absensi.

Ya dengan kehadiran apel sudah cukup memuaskan, tapi kita ingin membangun sebuah mind set (pola pikir-red) ASN yang bertanggung jawab. Bekerja dengan sungguh-sungguh, yang bermental baja untuk menghadapi tantangan-tantangan hari ini dan ke depan,” katanya.

Dalam diklat tersebut, kata dia, para pejabat akan ditempatkan sebagai peserta yang diwajibkan untuk melaksanakan banyak kegiatan di luar ruangan. Dalam tiga hari masa diklat juga para pejabat akan diterapkan disiplin seorang Kopassus di seluruh aktivitasnya.  “ASN akan kita masukkan ke asrama Kopassus. Paling enggak di sana belajar tangkap ular karena banyak juga diterjunkan di lapangan,” selorohnya.

Mantan Sekda Kota Tangerang itu menargetkan, tahun ini seluruh ASN di lingkup Pemprov Banten sudah melaksanakan diklat di Markas Grup 1 Kopassus.“Target kita tahun ini sudah harus, eselon II, III, IV dan para staf didiklatkan di Kopassus dengan disiplin Kopassus. Mudah-mudahan ini akan dapat menghasilkan secara kognitif maupun edukatif, sehingga disiplin bisa kita tingkatkan,” tuturnya.

Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy mengungkapkan, untuk diklat kali ini diikuti oleh 48 peserta. Dalam diklat tersebut, aktivitas para pejabat akan benar-benar dibatasi. Mereka akan berada di lokasi diklat selama tiga hari penuh.“Jadi full selama tiga hari digembleng di sini, sampai 8 Februari, enggak pulang. Aktivitas malam seperti materi pelatihan sampai istirahat juga di sini,” katanya.

Andika berharap, kegiatan tersebut akan menghasilkan para pejabat pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang visioner. “Visioner dalam merumuskan dan melaksanakan program-program kerja Pemprov Banten dalam melayani masyarakat,” harap mantan anggota Komisi III DPR RI ini.

Sementara itu, Komandan Grup 1 Kopassus Kolonel Inf Lucky Avianto mengapresiasi langkah Pemprov Banten yang berinisiatif mengirimkan para pejabatnya untuk digembleng pendidikan karakter dan kebangsaan oleh Kopassus.“Kami mengapresiasi langkah Pemprov Banten ini. Kami akan mengemban amanah yang diberikan ini dengan menyelenggarakan sebaik mungkin kegiatan pelatihan ini, agar menghasilkan pejabat-pejabat yang berkarakter,” tuturnya. (dewa)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook