93 Rumah Warga Neglasari Rusak

nurul roudhoh   |   Lebak  |   Jumat, 08 Februari 2019 - 11:47:56 WIB   |  dibaca: 230 kali
93 Rumah Warga Neglasari Rusak

RUSAK: Kepala Pelaksana BPBD Lebak Kaprawi meninjau salah satu rumah yang rusak akibat pergerakan tanah di Kampung Neglasari, Cimarga, Kamis (7/2).

RANGKASBITUNG- Sebanyak 93 dari 104 rumah di dua rukun tetangga (RT) di Kampung Neglasari, Desa Sudamanik, Kecamatan Cimarga mengalami rusak berat dan ringan akibat pergeseran tanah. Satu musola yang belum lama dibangun juga mengalami kerusakan.

Berdasarkan pantauan Banten Raya, tiga dari empat rumah yang mengalami rusak berat seperti retak pada dinding dan nyaris roboh pada bagian atapnya milik Fahri (45), Nengsih (32), serta Oban (50) telah dikosongkan. Bahkan ketiga pemilik rumah tersebut terpaksa berdomisili sementara ke rumah keluarganya yang masih berada di sekitar Desa Sudamanik.

Ketua RW 09 Kampung Neglasari Sarudin mengatakan, empat rumah yang mengalami rusak berat tersebut berada terpisah di RT 01 dan RT 02. Begitu pula sebanyak 89 rumah yang mengalami rusak ringan berada terpisah di dua RT tersebut. Sedangkan kejadiannya sendiri bertahap yaitu mulai 25 Januari saat desanya diguyur hujan. “Kejadian pergerakan tanah yang merusak 93 rumah ini sudah kami laporkan ke BPBD (badan penanggulangan bencana daerah) Lebak beberapa waktu lalu,” ujar Sarudin, kemarin

Menurutnya, untuk 89 rumah yang hanya mengalami rusak ringan seperti bagian lantainya terkelupas, serta bagian dindingnya mengalami retak sedang, hingga saat ini masih tetap dihuni pemiliknya. Berbeda dengan tiga rumah yang mengalami rusak berat, serta dinilai membahayakan, telah dikosongkan. “Memang masih ada satu rumah yang rusak berat masih tetap diisi. Hal itu dikarenakan pemiliknya belum mendapatkan tempat untuk pindah sementara,” terangnya.

Kepala Pelaksana BPBD Lebak Kaprawi ditemui saat melakukan pendataan dan pengecekan di Kampung Neglasri mengatakan, kejadian pergerakan tanah ini akan langsung dilaporkan ke pemkab secara lisan dan tertulis. “Hari ini kita cek langsung ke lapangan, setelah itu akan saya laporkan terkait rincian jumlah maupun rincian kerusakan yang dialami masing-masing rumah di kampung ini,” kata Kaprawi.(hudaya)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook