Untirta Terima 50 Mahasiswa Kedokteran

nurul roudhoh   |   Pendidikan  |   Jumat, 08 Februari 2019 - 14:19:11 WIB   |  dibaca: 506 kali
Untirta Terima 50 Mahasiswa Kedokteran

PINTU GERBANG KAMPUS UNTIRTA: Sebuah kendaraan keluar pintu gerbang Kampus Universitas Negeri Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) Pakupatan, Serang, kemarin.

SERANG - Pada angkatan pertama, Universitas Negeri Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) akan menerima 50 mahasiswa baru Fakultas Kedokteran. Hal tersebut disampaikan Rektor Untirta Sholeh Hidayat.Menurutnya, jika Surat Keputusan (SK) pendirian Fakultas Kedokteran Untirta keluar pada Bulan Februari atau Maret, maka Untirta hanya menerima 50 mahasiswa baru Fakultas Kedokteran.

Ia menjelaskan, proses penerimaan mahasiswa baru Fakultas Kedokteran sendiri akan menggunakan dua jalur, yaitu seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN) dan jalur mandiri."Penerimaan jalur SBMPTN jika SK tersebut terbit pada bulan ini, namun jika Bulan Maret maka proses penerimaan mahasiswa baru Fakultas Kedokteran angkatan pertama hanya menggunakan jalur mandiri," kata Rektor Untirta kepada Banten Raya di ruang kerjanya, kemarin.

Kendati demikian, lanjut Rektor, Fakultas Kedokteran Untirta terus melakukan pemenuhan sejumlah persyaratan, diantaranya adalah melakukan evaluasi kecukupan, dan sudah dilakukan visitasi lapangan untuk memotret kondisi rill sumber daya manusia dalam hal ini dosen dan tenaga kependidikan, sarana dan prasarana dalam hal ini ruang kelas dan labroratorium, kesiapan rumah sakut yang akan dijadikan rumah sakit pendidikan dalam hal ini Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cilegon.

Ia mengaku, RSUD Cilegon sudah sering dijadikan rumah sakit pendidikan oleh sejumlah perguruan tinggi, oleh karena itu Untirta juga berkeinginan untuk menjadikan RSUD Cilegon sebagai rumah sakit pendidikan bagi Untirta sekaligus untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam pendirian Fakultas Kedokteran Untirta."Dalam penerimaan mahasiswa baru untuk Fakultas Kedokteran Untirta, kami akan memprioritaskan warga Banten," ungkapnya.

Kuota penerimaan mahasiswa baru bagi Fakultas Kedokteran, lanjut Rektor Untirta, akan bertambah jika Fakultas Kedokteran Untirta memiliki akreditasi B. Karena jika SK pendirian Fakultas Kedokteran Untirta terbit, maka Fakultas Kedokteran memiliki akreditasi C.

Pakar pendidikan di Banten ini juga mengakui, dari jumlah 50 mahasiswa baru ini akan dibagi lima kelas lebih, karena untuk satu kelas Fakultas Kedokteran hanya diisi 5 sampai dengan 10 mahasiswa."Untuk sarana dan prasarana kami sudah lengkap, bahkan ada satu alat yang lebih baik dari Fakultas Kedokteran UI. Kelengkapan laboratorium tersebut berasal dari dana hibah Pemprov Banten," tegasnya.

Masih kata Rektor Untirta, untuk peningkatan sumber daya manusia, pihaknya akan mensekolahkan dosen khusus kedokteran di luar negeri. Proses kuliah ditarget sampai dengan dua tahun. (satibi)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook