6 Kecamatan Berpotensi Longsor

nurul roudhoh   |   Pandeglang  |   Senin, 11 Februari 2019 - 11:10:36 WIB   |  dibaca: 120 kali
6 Kecamatan Berpotensi Longsor

BERPOTENSI LONGSOR : Pengendara motor melintasi Gunung Pulosari yang berpotensi longsor, Minggu (10/2).

PANDEGLANG - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pandeglang merilis enam kecamatan masuk kategori rawan bencana longsor. Keenam kecamatan itu adalah Karangtanjung, Cadasari, Mandalawangi, Pulosari, Jiput, dan Saketi.

Kepala Seksi Pemadam Kebakaran, Kedaruratan dan Logistik BPBD Pandeglang Endan Permana menyebutkan, kecamatan yang rawan longsor tersebut seperti pemukiman penduduk di lereng Gunung Karang, Gunung Aseupan, dan Gunung Polosari. "Kami sudah melakukan survei, titik-titik yang berpotensi longsor ini daerah pegunungan dan perbukitan," kata Endan, Minggu (10/2).

Endan meminta kepada masyarakat yang tinggal di lereng pegunungan untuk waspada menyusul cuaca buruk. Kewaspadaan harus diterapkan masyarakat untuk mencegah adanya korban maupun dampak bencana alam yang akan terjadi. "Kami mengimbau warga yang tinggal di daerah yang berpotensi longsor untuk tetap waspada," imbuhnya.

Menurutnya, BPBD telah melakukan sejumlah antisipasi menghadapi musim hujan tahun 2019. Antisipasi tersebut dilakukan dengan cara melakukan sosialisasi kepada masyarakat guna mengurangi risiko bencana tanah longsor. "Sudah kami berikan sosialisasi baik melalui pihak kecamatan maupun media sosial," ungkapnya.

Untuk mengantisipasi bencana longsor juga, kata Endan, BPBD sudah mempersiapkan segala keperluan penanggulangan bencana, mulai dari logistik hingga tim relawan bencana di setiap desa dan kelurahan. "Kita sudah punya tim relawan bencana, mudah-mudah kalau ada bencana bisa langsung diinformasikan kepada BPBD," terangnya.

Camat Jiput Yetty Nurhayati mengatakan, daerahnya rawan bencana longsor. Namun Yetty sudah mengingatkan warga untuk tetap waspada. "Memang daerah kami pegunungan, banyak rumah warga yang tinggal di Gunung Pulosari. Makanya, kalau setiap acara warga selalu kita berikan imbauan," katanya.

Yetty meminta masyarakat untuk tetap tenang menghadapi potensi bencana longsor. Meski saat ini Pandeglang sudah mulai diterjang hujan. "Saya berharap walaupun daerah kami rawan bencana dan sekarang sudah mulai hujan kita harus waspada," ujarnya. (yanadi)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook